Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura bersama Badan kemanan laut (Bakamla) Zona Maritim timur menjalin sinergitas untuk menciptakan keamanan di wilayah perairan Maluku yang berbatasan langsung dengan negara lain.

"Dengan pertemuan ini Bakamla Zona Maritim Timur dan Kodam XVI/Pattimura bisa saling mendukung dan berkoordinasi untuk sama-sama mewujudkan kondusifitas di Maluku, khususnya dalam hal pengamanan bersama di wilayah laut," kata Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur, Laksma TNI Agam Endrasmoro dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Hal itu dikatakannya saat bersilaturrahmi ke markas Kodam XVI Pattimura di Kota Ambon.

Ia menjelaskan sebagai lembaga negara, Bakamla bertugas untuk melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi maritim Indonesia termasuk Maluku.

Ia melanjutkan adapun tujuh fungsi Bakamla sendiri yaitu Menyusun kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Kemudian menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

"Selanjutnya menyinergikan dan memonitor pelaksanaan patroli perairan oleh instansi terkait, memberikan dukungan teknis dan operasional kepada instansi terkait, memberikan bantuan pencarian dan pertolongan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia dan melaksanakan tugas lain dalam sistem pertahanan nasional," katanya menjelaskan.

Sementara itu menurut Pangdam Pattimura Mayjend TNI Syafrial dengan adanya audiensi seperti ini sangat banyak manfaatnya, salah satunya saling tukar pikiran, berbagi pengalaman dan saling mengisi kekurangan, sehingga pelaksanaan tugas bisa semakin baik.

"Kami bertugas membutuhkan dukungan berbagai pihak termasuk Bakamla. Saya berharap, silaturahmi ini dapat meningkatkan sinergitas dan menciptakan keterpaduan yang semakin kuat untuk menjaga keamanan wilayah Maluku," kata Pangdam.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul M. Ginanjar, Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Kav Sindhu Hanggara dan Pa LO AL Kodam XVI/Patiimura Kolonel Mar A. Mukhorji.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023