Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M Tauhid Soleman menyatakan akan menambah 50 unit armada untuk memaksimalkan pengangkutan sampah, terutama yang berasal dari rumah tangga di daerah tersebut.
 
"Salah satu masalah yang dihadapi oleh Pemkot Ternate adalah persoalan sampah, sehingga tahun depan kita berencana akan menambah armada untuk mengatasi sampah,"katanya di Ternate, Senin.

Hal itu, menyusul keluhan masyarakat di daerah ini, mengenai masalah sampah yang terlambat ditangani oleh petugas sampah, sehingga menimbulkan bau yang tak sedap di lingkungan masyarakat.

Wali Kota mengatakan, di Kota Ternate semakin padatnya penduduk, sehingga sampah rumah tanggah setiap hari meningkat.

"Kalau sebelumnya volumen sampah 70 ton per hari, kemudian naik menjadi 100 ton per hari, dan  kini berdasarkan data sampah rumah tanggah setiap hari di Kota Ternate sudah mendekati 200 ton,"ujar Wali Kota.

Dia menjelaskan, selama ini mobil pengangkut sampah tidak bisa melewati di jalan dan lorong yang berukuran kecil di kelurahan, sehingga lambatnya penanganan sampah, maka dengan adanya armada sampah motor kaisar ini bisa menjangkaunya.

Beberapa waktu lalu, lanjut Wali Kota, Pemkot Ternate telah mendistribusi sebanyak 50 unit armada sampah dan jumlah tersebut yang dimiliki pemkot setempat sebanyak 100 unit, tetapi jumlah itu masih belum maksimal untuk penanganan sampah di kota yang dengan daerah penghasil rempah ini.

"Kalau mobil truk pengangkut sampah, ditambah lagi kita pengadaan tahun depan 50 unit lagi kemudian dibagikan setiap kelurahan mendapatkan dua unit, sehingga dengan jumlah tersebut, masalah sampah di Kota Ternate dipastikan akan teratasi," tegas Tauhid.

Oleh karena itu, Wali Kota Ternate meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang, sehingga selain memudahkan bagi petugas saat melakukan tugasnya di lapangan, juga Kota Ternate terlihat bersih dari sampah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023