Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis (BLUD UPT) Klinik Mata Ambon Vlissingen  membayarkan iuran  Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) 100 warga Ambon  kurang mampu untuk jangka  setahun ke depan.

"Terima kasih kepada BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen yang memberi donasi berupa membayarkan iuran  JKN warga Ambon  satu tahun ke depan," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf melalui siaran pers  yang diterima di Ambon, Jumat.

Ia  memberikan apresiasi  kepada BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen yang telah berkontribusi dalam kegiatan donasi JKN. 

"Sehingga  masyarakat yang belum memiliki jaminan sosial kesehatan bisa memperoleh perlindungan jaminan kesehatan," ujarnya.

Saiyed juga berharap donasi yang diberikan oleh BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen, dapat dicontoh oleh badan usaha atau pihak lain.

"Ini merupakan hal yang positif, dan semoga ada badan usaha lainnya juga bisa berinisiatif untuk ikut memberikan donasi JKN dan menanggung iuran JKN bagi warga yang kurang mampu di daerah Kota Ambon,” ujarnya.

BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen merupakan klinik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan mata. BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen adalah hasil kerja sama sister city antara Kota Ambon dan Kota Vlissingen, Belanda yang berdiri di Kota Ambon sejak November 2013. 

Pada November 2023  BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen berusia satu dekade. Pada perayaan satu dekade tersebut sejumlah kedgiatan dilaksanakan mulai dari  lomba edukasi kesehatan mata di sosial media, pemeriksaan pasien prolanis, skrinning riwayat kesehatan, pemeriksaan seribu mata gratis, pemberian kacamata gratis, symposium kesehatan mata dan talk show kesehatan mata yang s dihadiri oleh Andy F. Noya  yang juga merupakan ketua Komite Mata Nasional dan keturunan Ambon.


Bantuan Donasi JKN diserahkan langsung oleh dokter gigi Wendy Pelupessy dan dokter Daniel J. Siegers selaku Kepala Klinik Mata Ambon Vlessingen kepada Kepala BPJS Kesehatan Kota Ambon.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon drg Wendy Pelupessy berharap donasi JKN dapat membantu masyarakat JKN yang belum memiliki JKN.

“Semoga bantuan donasi JKN untuk 100  warga ini dapat bermanfaat,” katanya.

Ia menambahkan,  donasi dari BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen yang diberikan untuk masyarakat kurang mampu yang sebelumnya belum terdaftar dalam program JKN ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Ambon untuk memperluas cakupan peserta JKN.

Disamping itu Kepala  Yayasan Kerjasama Vlissingen  Ambon (SSVA) Bob Latuheru menyampaikan pihaknya datang dari Kota Vlissingen ke Kota Ambon untuk bekerja sama dan saling tolong-menolong dengan saudara-saudara di Kota Ambon.

“Kami senang datang ke Kota Ambon ini, kami bisa saling membantu dan menolong saudara-saudara kami disini. Selama satu dekade bekerj sama, tidak ada kami temukan kendala yang berarti. Semoga kerja sama ini juga dapat diteruskan dalam bidang lain juga, katanya.

Pembayaran iuran JKN ini mulai berlaku pada  1 Desember 2023 sampai dengan 30 November 2024.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023