Komunitas Molucass Coastal Care (MCC) menyalurkan sebanyak 550 anakan pohon untuk masyarakt Negeri Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

“Jadi kita MCC berkolaborasi dengan saudara Maluku yang besar di Belanda, Charissa san Bea Saija serta pemerintah Negeri Aboru. Kita bawa 550 pohon gratis untuk masyarakat di sana,” kata Direktur MCC, Teria Salhuteru, di Ambon, Selasa.

Ia menyebutkan, rincian dari 550 pohon tersebut yakni, pohon cengkih sebanyak 200, pohon durian sebanyak 300 dan pohon pucuk merah sebanyak 50 anakan.

Tujuan dari kegiatan ini, kata Teria, karena MCC mempunya program tree of hope, yang mana setiap bulannya, MCC membagikan pohon gratis kepada masyarakat.

“Tapi kali ini berkesempatan dengan keluarga Charissa dari Belanda, bisa sama-sama untuk bawa pohon ke Aboru,” ujarnya.

Ia berharap, semoga dengan pohon yang diberikan kepada masyarakat, khususnya Pejabat Negeri Aboru, bisa ditanam dan dirawat hingga tumbuh dengan baik. Sehingga 15 - 20 tahun mendatang, menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Aboru.

Baca juga: Komunitas MCC bagi 900 pohon penghijauan gratis kepada warga di Ambon
 

“Kami juga berharap, kolaborasi ini bisa terjaga dan berlanjut, supaya bisa menghijaukan Negeri Aboru. Karena kita tahu pulau-pulau kecil juga membutuhkan pohon pelindung seperti pohon-pohon industri selain pohon hias yang bisa kita bagikan kepada masyarakat,” harap Teria.

Charissa dan bea Saija yang menyumbang ratusan pohon tersebut menyampaikan, kedatangannya ke Maluku, bukan hanya untuk mengunjungi keluarga, tetapi ingin memberikan anakan pohon yang dapat ditanam dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami sangat senang karena pejabat Negeri Aboru mendukung program penanaman pohon ini. Pohon yang diberikan juga dibagi sama banyak kepada perwakilan dusun yang ada di sana supaya semua bisa sama-sama menanam pohon di dusun masing-masing,” ucap Charissa.

Pejabat Negeri Aboru, Johanis Sinay mengatakan, pemberian pohon ini merupakan langkah tepat untuk memotivasi masyarakat Aboru untuk menanam pohon durian dan cengkih.

Untuk itu, ia berharap, dengan bantuan ini, dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Aboru.

“Jadi harapan saya semoga bibit-bibit yang sudah diambil itu mereka mau memelihara dengan baik agar menghasilkan satu produk dan mengembangkan ekonomi di negeri ini,” katanya.


Baca juga: Komunitas MCC adakan program rumah pengering bagi warga Banda Neira

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023