Rektor Univeritas Pattimura (Unpatti) Prof  M.J Sapteno  dan  Rektor Institut Agama Islam Negeri Ambon Dr. Zainal Abidin Rahawarin serta Mayjen TNI Dominggus Pakel selaku perwira tinggi(Pati) TNI-AD mendaftarkan diri sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Maluku.

"Hingga siang ini, kami telah menerima tiga bakal calon Pj Gubernur Maluku yang mendaftarkan diri, dan yang pertama mendaftar sejak pagi hari adalah Prof.M.J Sapteno," kata Ketua Panitia Kerja Penjaringan Calon Penjabat Gubernur Maluku bentukan DPRD Provinsi Maluku, Jantje Wenno di Ambon, Rabu.

Kemudian Rektor IAIN Ambon membawa masuk berkasnya untuk mendaftarkan diri sekitar pukul 12.00 WIT, bersamaan dengan kehadiran Mayjen TNI Dominggus Pakel yang memasuki 'Ruang Merindu' DPRD Maluku sebagai sekretariat pendaftaran.

Menurut dia, pendaftaran calon Pj Gubernur Maluku  dibuka pada Selasa, (19/11) 2023, panitia penjaringan didatangi sejumlah orang yang merupakan tim kerja calon penjabat untuk mengambil formulir dan persyaratan pendaftaran.

"Hari ini merupakan kesempatan terakhir bagi siapa saja warga negara Indonesia yang ingin mendaftarkan diri dan proses pendaftaran ditutup pada pukul 24.00 WIT," katanya.

Calon penjabat Gubernur Maluku Mayjen TNI Dominggus Pakel usai mendaftarkan diri secara singkat mengatakan, semua orang di Maluku adalah bersaudara

"Kita harus panggayo (mendayung perahu) bersama, toma (menantang arus) sama-sama karena itu merupakan kekuatan orang Maluku agar kita satu satu darah dan satu hati, Tuhan memberkati kita semuanya," tandasnya.

Dominggus Pakel menjabat berbagai jabatan di Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan termasuk sebagai Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi Pertahanan Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan.

Mayjen TNI Dominggus Pakel pada 2020 berpindah dari Kementerian Pertahanan ke Universitas Pertahanan sebagai Dosen Tetap, kemudian 2021 ditugaskan ke BSSN sebagai Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi sebelum akhirnya menjabat sebagai Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN pada tahun 2022.

Sementara Rektor IAIN Ambon Dr Zainal Abidin Rehawarin mengatakan, jika dirinya dipercayakan sebagai penjabat gubernur maka amanah ini bisa dilaksanakan dengan baik untuk kepentingan rakyat Maluku dan bangsa Indonesia.

"Apalagi menghadapi tahun politik ini, situasi kamtibmas harus tetap kondusif menyambut pesta demokrasi 2024 secara baik dan bermartabat," ucapnya.
Panitia Kerja Penjaringan Pj Gubernur Maluku bentukan DPRD Maluku siang ini menerima pendaftaran dua Rektor dan seorang Pati TNI sebagai calon penjabat gubernur. (22/11) (ANTARA/daniel/)

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023