Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) mengerahkan 902 personel dalam rangka mengamankan tahapan kampanye Pemilihan Umum 2024 berlangsung di wilayah setempat agar aman dan kondusif.

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Michael Irwan Thamsil di Ternate, Malut, Selasa, mengatakan keterlibatan personel tersebut adalah bagian dari upaya Polda Maluku Utara untuk mewujudkan Pemilihan Umum yang aman dan kondusif.

"Sesuai dengan surat perintah Kapolda Malut, kami telah melibatkan 902 personel Polda Malut beserta jajaran untuk terlibat dalam pengamanan tahapan kampanye Pemilihan Umum 2024. Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan masyarakat serta kelancaran proses demokrasi, berdasarkan surat perintah Kapolda Malut Nomor: Sprin/1092/XI/OPS.1.1.1/2023 tanggal 27 November 2023," ungkap Kombes Pol Michael.

Tidak lupa, Kabid juga menekankan pentingnya kerjasama antara aparat kepolisian, instansi terkait, dan masyarakat dalam menjaga situasi yang kondusif selama proses pemilihan.

Lebih lanjut, Kabid Humas mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan tenang selama berlangsungnya Pemilihan Umum.

Untuk diketahui, operasi ini tidak hanya mencakup pengamanan lokasi kampanye, tetapi juga pemantauan terhadap potensi konflik yang dapat timbul di masyarakat.

"Polda Malut berkomitmen untuk bertindak cepat dan tegas dalam menanggapi setiap potensi pelanggaran yang dapat mengganggu proses demokrasi," katanya.

Dia juga berharap, selama pelaksanaan kampanye Pemilu 2024, untuk tidak menyebarluaskan isu negatif, SARA, Hoaks Black in Plein, tidak melakukan gerak politik uang, tidak melibatkan anak - anak dalam kampanye serta bersama - sama menjaga kepentingan umum untuk keamanan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023