Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Maluku menduduki peringkat keempat pada lomba Rowing di Kejuaraan nasional (Kejurnas) Dayung 2023.

"Alhamdulillah, kami meraih dua emas, satu perak pada dayung rowing" ucap Sekretaris umum (Sekum) PODSI Maluku Novel Elminero dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Sabtu.

Novel mengatakan, Kejurnas dayung yang diselenggarakan di Jawa Barat itu sekaligus merupakan Babak Kuakifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Adapun atlet yang meraih medali pada Kejurnas tersebut, yaitu Maria.F.Bahy Tuhuteru, Arni Silva Pattipeiluhu, Issa Behuku dan Popi Hattu yang Merebut Medali emas dan pada nomor W2x dari Arni Silva Pattipeiluhu, Issa Behuku serta sebelumnya medali Perak telah di persembakan oleh Issa Behuku di nomor W1x.

Sementara itu kata dia, DKI Jakarta menempati urutan pertama dengan perolehan empat emas, tiga perak, dan 3 perunggu.

"Pada urutan kedua Sulawesi Tengah mengoleksi empat emas, satu perak, dengan total lima medali,"ucapnya.

Kemudian pada urutan ketiga bertengger Jawa Barat dengan perolehan tiga emas, lima perak, dan lima perunggu.

Novel mengatakan, capaian tersebut dapat diraih karena upaya seluruh jajaran pengurus salah satunya dengan membentuk Satuan tugas (Satgas) untuk mempersiapkan atlet menuju Pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON).

“PODSI telah menggelar rapat untuk mengonsolidasikan organisasi dan program kerja PODSI Maluku serta koordinasi bersama atlet menuju Pra-PON 2023 agar tujuan kami tercapai dan berjalan dengan baik,”katanya.

Ia mengatakan hal itu penting mengingat Maluku sendiri secara konsisten telah melahirkan banyak atlet dayung yang berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023