Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura mengerahkan jajaran hingga Babinsa untuk membantu distribusi logistik Pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Maluku dan Maluku Utara.

"Kodam XVI/Pattimura siap mendukung KPU dan Bawaslu dalam pendistribusian logistik Pemilu, baik itu sarana transportasi darat maupun laut seperti kapal termasuk pesawat Casa TNI-AD khususnya untuk daerah Tertinggal, Terpencil, Terdepan (3T)," ucap Kapoksahli Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu dikatakan Kapoksahli dalam dialog interaktif bersama KPU dan Bawaslu Maluku  di Kota Ambon.

Hal ini, lanjut Kapoksahli, sesuai dengan perintah Panglima TNI yang menyatakan bahwa TNI harus sepenuhnya membantu dan mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Bahkan sampai tingkat Kodim pada tingkat Babinsa," ujarnya.

Pihaknya berkomitmen bahwa akan mengawal logistik pemilu berupa surat suara tersebut hingga ke daerah 3T.

Ia menegaskan, apapun masalah yang dihadapi KPU dan Bawaslu, khususnya dalam hal pendistribusian logistik Pemilu, Kodam XVI/Pattimura siap membantu sesuai dengan SOP yang berlaku.

Menghadapi Pemilu mendatang, Kodam XVI/Pattimura terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya pengamanan dan pendistribusian logistik Pemilu, baik dengan penyelenggara Pemilu maupun Kepolisian.

“Dalam kesempatan dialog ini, Saya juga mengimbau seluruh masyarakat Maluku maupun Maluku Utara, apapun pilihan kita, katong samua basudara sesuai dengan program yang digaungkan oleh Pangdam XVI/ yaitu, Basudara Pattimura," katanya.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Maluku Khalil Tionak, Stevin Melay Anggota/Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Provinsi Maluku dan Akademisi Unpatti Said Lestaluhu.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023