Rindam XVI Pattimura meraih predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK)  2023 dari  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Pencapaian ini atas integritas yang dimiliki jajaran Rindam XVI Pattimura," ucap Komandan Rindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Saut Edward Tampubolon dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu dikatakannya dalam acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan Zona Integritas (ZI)  2023 di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Kolonel Tampubolon mengatakan penghargaan yang diterima satuannya tersebut didedikasikan untuk satuan, Kodam Pattimura hingga seluruh anggota TNI yang ada di Maluku.

Sementara itu Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin saat membuka acara tersebut mengatakan pencapaian yang telah diraih oleh para penerima penghargaan mestinya digunakan sebagai refleksi untuk terus berbenah ke arah yang lebih baik.

"Sejumlah capaian tersebut hendaknya menjadi pendorong dan penyemangat bagi kita untuk terus bebenah. Berbagai kebijakan strategis reformasi birokrasi dan manajemen aparatur sipil negara harus dijalankan berkelanjutan, masif, serentak, tidak hanya di pusat, tetapi juga di daerah,” kata Wakil Presiden Ma'aruf Amin.

Acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023 ini, terdapat 85 unit kerja yang memperoleh WBK dan 24 unit kerja berhasil memperoleh WBBM. Empat Instansi yang berhasil memperoleh WBK/WBBM terbanyak meliputi Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan Tentara Nasional Indonesia.

Selain Rindam Pattimura adapun delapan Satuan kerja (Satker) Mabes TNI yang memperoleh predikat WBK tahun 2023 yang juga turut hadir pada acara ini yaitu Divif 2 Kostrad, Rumkit Tk. II Pelamonia Kodam XIV/Hasanudin, Akademi Militer, Rindam XVI/Pattimura, Pussenkav, Korem 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya, Korem 073/Mkt Kodam IV/Diponegoro dan Menarhanud-1/M Kodam Jaya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, menyampaikan harapannya agar rangkaian acara RB Xperience  tidak menjadi acara seremonial semata. Namun, dapat menghasilkan manfaat yang nyata bagi bangsa dan masyarakat.

Hadir pada kegiatan itu Wakil Presiden (Wapres) RI  Ma’ruf Amin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian.

Kemudian Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan Ketua KPK Nawawi Pomolango.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023