Polri bersama instansi terkait di Kota Ternate, Maluku Utara, menanam sebanyak 50 bibit pohon di tepi sungai di Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate, sebagai langkah pencegahan bencana banjir.

"Penanaman puluhan bibit pohon itu selain mencegah bencana banjir, juga sebagai penghijauan di wilayah itu," kata Komandan Rayon Militer (Danramil) 1501-02/ Pulau Hiri, Letnan Satu (Lettu) Infrantri Yofano Jemy Yoyke M di Ternate, Sabtu.

Kegiatanpenghijauan telah dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI, Maruli Simanjuntak, kepada seluruh jajaran TNI AD di Indonesia dalam upaya pencegahan ancaman bencana banjir.

Dia mengatakan, sesuai arahan Kasad mengenai ancaman bencana banjir, sehingga selain kita melaksanakan penanaman pohon bibit pohon di tepi sungai, kita lebih melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah di sungai yang dibuang oleh warga.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI resmikan Markas Polda Maluku

"Kalau sungai bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan, kemudian pohon yang kita tanam itu dirawat dengan baik, maka pastinya lingkungan itu akan aman dari bencana banjir, serta sehat dari paparan wabah berbagai penyakit," ujar Danramil.

Sementara itu, Kapolsek Pulau Ternate, Ipda Iwan Mole menyatakan kegiatan baksi sosial yang dicanangkan oleh TNI AD itu, karena selain peduli terhadap lingkungan juga sebagai bentuk sinergitas antar Polri.

"Kami tetap mendukung, apalagi ini mengenai kebersihan lingkungan, sehingga ini menjadi perhatian bersama untuk melakukannya kerja bakti, agar daerah ini terhindar dari segala ancaman banjir dan berbagai penyakit,"kata Kapolsek.

Dia menjelaskan, pihaknya bersama TNI juga memasang papan informasi melalui spanduk - spanduk yang bertulis melarang warga membuang sampah ke dalam sungai di pasang sejumlah titik di tepi sungai di Kelurahan Jambula.

Kegiatan bakti sosial itu melibatkan Polri, Basarnas, warga binaan Lapas Ternate, para mahasiswa, warga setempat dan pemerintah kelurahan.

Baca juga: Kodam Pattimura tanam 2.000 bibit mangrove guna sukseskan rekor Muri

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023