Universitas Pattimura (Unpatti) bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, melakukan sejumlah studi terkait lapangan gas Blok Masela di Maluku.

"Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan tinggi dan implementasi Indikator Kinerja Utama (IKU) institusi yang relevan dengan penyelenggaraan program studi skema Blok Masela," ucap Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa.

Dia menjelaskan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan UPN Veteran Yogyakarta sebelumnya telah dilakukan pada 2019 namun mengalami hambatan lantaran Pandemi COVID-19 pada 2020.

"Namun pada 2022 Program studi Teknik Perminyakan Unpatti telah mempersiapkan kegiatan-kegiatan implementasi MoU dengan UPN Veteran Yogyakarta," kata dia.

Dia melanjutkan realisasi MoU atau nota kesepahaman itu telah dimulai sejak semester genap tahun akademik 2022/2024 dan berlangsung sampai semester ganjil 2023/2024.

"Salah satu bentuk kerja samanya adalah berupa memaksimalkan dosen yang kompeten untuk mendukung proses pembelajaran di program studi Teknik Perminyakan Unpatti guna meneliti terkait Blok Masela itu sendiri," ucapnya.

Sementara itu Ketua jurusan Teknik Geologi dan Program Studi Teknik Perminyakan Unpatti Robert Hutagalung mengatakan pihaknya telah bersepakat dengan Dekan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN Veteran untuk menandatangani dokumen Implementation Arrangement (IA) terkait segala bentuk kegiatan kerjasama yang telah disusun.

"Kegiatan akan mulai jalan pada Januari 2024 dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Industri oleh mahasiswa program studi Teknik Perminyakan yang akan difasilitasi oleh Jurusan Teknik Perminyakan UPN Veteran," tuturnya.



 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024