Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Maluku dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo sandi) Ambon berkolaborasi dalam menyebarluaskan informasi kebencanaan.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Ambon Djati Cipto Kuncoro di Ambon, Sabtu, mengatakan kolaborasi untuk menyebarkan informasi kebencanaan dengan menghubungkan sistem peringatan dini gempa di wilayah Maluku dan info BMKG lainnya dengan perangkat Command Center Pemerintah Kota Ambon.

"Kami berharap BMKG bisa bekerja sama dengan Pemkot Ambon untuk menampilkan titik rawan gempa dan mengoneksikan sistem peringatan dini gempa di wilayah Maluku, dan info BMKG lainnya dengan perangkat Command Center Pemkot Ambon, " katanya.

Selain itu, katnaya, penyebarluasan informasi peringatan kebencanaan akan dilakukan melalui SMS Broadcast 08114706999 yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon.

Ia menyatakan pada 2020 BMKG Stasiun Geofisika Klas I Ambon telah menyerahkan bantuan alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, yaitu WRS NewGen kepada Pemkot Kota Ambon.

WRS NewGen dapat memberikan informasi gempa bumi secara cepat sehingga memastikan pemangku kepentingan mengambil langkah cepat dalam menangani bencana dan memberi manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari situasi kebencanaan.

"Konsep penyebaran informasi bagi masyarakat dalam kaitan dengan ancaman dan kerentanan bencana adalah aspek utama," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon Ronald Lekransy menyambut baik niat BMKG Provinsi Maluku terkait dengan publikasi informasi BMKG yang terintegrasi dengan Command Center Pemerintah Kota Ambon.

Dengan demikian, pihaknya akan mudah untuk membantu memberikan semua bentuk informasi yang mengancam keselamatan warga di kota ini.

"Kami berharap komunikasi yang baik ini ke depan dapat mendukung pelayanan informasi publik dalam mewujudkan Ambon Smart City," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024