Balai Pengawasan dan Pengendalian Mutu dan Hasil Kelautan dan Perikanan (BP2MHKP) Ambon, Maluku, menyebutkan bahwa volume ekspor perikanan hidup dari Maluku mencapai 400.232 ekor selama 2023.

"Terjadi peningkatan sebesar 72,81 persen dibanding tahun 2022," kata Kepala BP2MHKP Ambon Muh Hatta Arisandi di Ambon, Maluku, Jumat.

Pada 2022, volume ekspor komoditas perikanan hidup dari Maluku mencapai 231.600 ekor.

Sedangkan, volume ekspor komoditas perikanan nonhidup pada Januari sampai dengan Desember 2023 sebesar 11.276.427 kilogram.

Angka tersebut jika dibandingkan 2022 yang sebesar 10.502.091 kilogram, maka terjadi peningkatan 7,37 persen.

Ia melanjutkan komoditas perikanan Maluku periode Januari sampai Desember 2023 diekspor ke 14 negara yaitu China, AS, Jepang, Hong Kong, Vietnam, Australia, Malaysia, Thailand, Singapura, Belanda, Filipina, Kanada, Korea Selatan, dan Arab Saudi," tuturnya.

Baca juga: BP2MHKP Ambon edukasi nelayan Malteng cara menangkap ikan bebas mikroplastik

"Lima negara tujuan ekspor perikanan terbesar dari Maluku yaitu China, AS, Jepang, Hong Kong, dan Vietnam," ucapnya.

Ekspor komoditas perikanan Maluku pada 2023 didominasi oleh udang vaname, ikan tuna, live grouper, dan kepiting bakau.

"Peningkatan ekspor komoditas perikanan dari Maluku tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen seluruh elemen BP2MHKP Ambon dan instansi terkait seperti Bea Cukai Ambon, Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku untuk memastikan kemudahan dalam proses perizinan dan pelayanan ekspor dari Maluku," katanya.

Oleh karena itu, untuk percepatan pelayanan ekspor, BP2MHKP Ambon memiliki inovasi layanan publik di antaranya yaitu program jemput bola kepada pelaku usaha melalui tim reaksi cepat tatihu.

Kemudian, layanan sertifikasi ekspor 24 jam dan Sistem Layanan Cepat Virtual (Silapatua) yang mampu menjangkau seluruh kabupaten dan kota di Maluku untuk kegiatan sertifikasi penerapan Program Manajamen Mutu Terpadu (PMMT)/HACCP dan penerapan Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB).

Baca juga: BP2MHKP sebut 616 ton tuna terbaik Maluku diekspor ke Jepang selama 2023

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024