Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Maluku bersinergi melaksanakan kegiatan literasi keuangan dan inklusi keuangan hingga ke perdesaan tepatnya  di desa Kilfura, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). 

"Kolaborasi dan sinergi dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah Kabupaten SBT agar semakin memahami produk dan layanan jasa keuangan serta terhindar dari penawaran produk atau layanan jasa keuangan yang ilegal," kata Kepala OJK Provinsi Maluku Roni Nazra di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar lebih banyak masyarakat mengenal OJK dan terdampak upaya peningkatan literasi keuangan dan inklusi keuangan di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur.

Kegiatan di Desa Kilfura merupakan komitmen OJK dan TPAKD Provinsi Maluku dalam membangun ekosistem keuangan inklusif di wilayah kepulauan. 

Desa Kilfura katanya, sebagai salah satu wilayah yang masuk dalam kategori wilayah Terdepan, Tertinggal dan Terluar (3T) mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi Maluku untuk dikembangkan sebagai salah satu Desa pilot program pengentasan kemiskinan ekstrim. 

OJK dan TPAKD Provinsi Maluku telah menunjuk desa tersebut menjadi inisiatif program Desa Inklusi, yang diharapkan dapat membantu pengembangan ekonomi di masyarakat desa dan menurunkan tingkat kemiskinan di wilayah Desa tersebut. 

"Langkah awal yang dilakukan adalah dengan melakukan program pra inkubasi melalui edukasi keuangan terpadu dan pemetaan terhadap kondisi inklusi keuangan di Desa tersebut, " katanya. 

Ia memastikan, masyarakat dapat terbuka dengan lembaga jasa keuangan karena hal itu akan sangat membantu masyarakat dalam pengelolaan keuangan yang pada akhirnya mampu meningkatkan kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Desa Kilfura. 

Sementara Kepala Bagian Sumber Daya Alam Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Maluku, Abdullah Wahid menyampaikan, Pemerintah Provinsi Maluku memiliki komitmen yang kuat dalam menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem melalui program  terstruktur dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Kegiatan pra inkubasi disambut antusias warga desa yang ramai hadir pada lokasi kegiatan di Balai Desa Kilfura melalui materi edukasi keuangan terpadu yang disampaikan OJK Maluku.

Pada kegiatan ini juga diserahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada pemerintah Desa Kilfura.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024