Universitas Pattimura (Unpatti) bersama Universitas Muhammadiyah Maluku menjalin kerja sama penelitian, pengajaran, pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah itu.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Maluku atas kerja sama yang telah dibangun sejak 2019 demi pengembangan sumber daya manusia di daerah kita,” ujar Rektor Universitas Pattimura Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Jumat.

Kerja sama yang dilakukan itu difokuskan pada bidang Tri dharma yakni meliputi pendidikan, penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kerja sama ini menjadi sangat penting dan akan diterapkan kepada fakultas dan prodi-prodi yang bersesuaian sehingga kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

Baca juga: Unpatti-Kodam selenggarakan seminar kebangsaan sosialisasi pemilu bagi mahasiswa

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Fakultas Pertanian Universitas Pattimura dengan Fakultas Perikanan dan Kehutanan Universitas Muhammadiyah Maluku.

Leiwakabessy berharap kerjasama itu dapat meningkatkan daya saing serta reputasi pendidikan Maluku di mata nasional maupun internasional.

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Mohdar Yanlua mengungkapkan kerja sama yang telah dibentuk sejak 2019 sebagai salah satu persyaratan izin operasional bagi Universitas Muhammadiyah Maluku serta rekomendasi kerja sama yang juga menjadi salah satu ketentuan Universitas Muhammadiyah di Provinsi Maluku.

“Hampir 90 persen tenaga pengajar atau dosen yang ada di universitas ini adalah alumni Universitas Pattimura baik dari S1 maupun S2 maka dari pada itu kami mengucapkan terimakasih untuk sumbangsih yang telah diberikan oleh Universitas Pattimura,” kata Mohdar.

Yanlua juga berharap kerja sama ini bukan hanya sebagai pemenuhan standar akreditasi, namun dapat mempererat hubungan antar lembaga pendidikan terlebih lagi untuk memajukan ilmu pendidikan, serta sumber daya manusia yang berkualitas.

Baca juga: Unpatti Ambon kerja sama pembangunan dan peningkatan SDM dengan Pemkab Buru

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024