Universitas Pattimura (Unpatti) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku bekerja sama meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam berdemokrasi

“Ini juga sebagai imlementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan Unpatti,” ucap Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan yang diterima di Ambon, Jumat.

Menurutnya, kerja sama tersebut penting bagi pengembangan demokrasi di daerah maupun bangsa ke depannya.

Oleh sebab itu, kata dia, para akademisi dari berbagai fakultas diimbau melakukan kajian ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing dalam melihat pelaksanaan pemilu dan pilkada mendatang, baik di tingkat pusat maupun di daerah. Kemudian mempublikasikannya dalam  bentuk jurnal.

Senada dengan hal itu Ketua Bawaslu Maluku Dr Subair mengatakan kerja sama ini adalah bentuk rangkaian strategis yang akan membantu meningkatkan kualitas demokrasi di Maluku, khususnya dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Baca juga: Unpatti Ambon-Kemenlu RI edukasi sistem diplomasi pada mahasiswa

“Bawaslu juga telah intens melakukan kerja sama dalam bentuk pemberian seminar-seminar, workshop, dan program magang yang melibatkan mahasiswa Unpatti, serta gagasan, pemikiran, dan literasi dalam bentuk jurnal maupun buku dari para akademisi Unpatti yang sampai saat ini masih menjadi acuan kami dalam melaksanakan tugas,” ujar Subair.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengaku bangga atas hubungan baik yang terjalin serta berharap agar kerja sama juga bisa dilakukan dalam bentuk edukasi, sosialisasi, dan kegiatan goes to campus untuk mengajak generasi muda memilih dan mengawal pelaksanaan pilkada nanti sebagai bentuk sumbangsih sebagai warganegara, serta sumbangsih pemikiran dan gagasan dari para akademisi.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Bawaslu Maluku dan Bawaslu Kota, KPU Provinsi dan Kota Ambon, dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, dan Pasca Sarjana, Unpatti serta penandatangan Implementation of Arrangement terkait Tridarma Perguruan Tinggi dan Program Magang antara Bawaslu Kota Ambon dan KPU Kota Ambon dengan Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum, Sosiologi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi.

Baca juga: Unpatti-Australian National University kerja sama bidang kesehatan

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024