Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku  menyiapkan sebanyak 110 personel untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas dan kepadatan penumpang di pelabuhan pada Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

“Kami kerahkan seluruh personel lapangan sebanyak 110 anggota untuk ditempatkan di titik simpul jalanan guna mengurai kemacetan seperti di pelabuhan utama dan pelabuhan penyeberangan antar pulau,” kata Kepala Dinas Perhubungan Maluku Mohammad Malawat di Ambon, Kamis.

Malawat mengatakan bahwa pihaknya sedang intens berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan perhubungan di Maluku untuk mempersiapkan pelaksanaan Ramadhan dan Idul Fitri baik dari segi sarana, prasarana dan Sumberdaya Manusia.

“Biasanya kemacetan terjadi di depan pelabuhan. Kami bersama pihak pelabuhan dan Polsek setempat berkoordinasi untuk meminimalkan terjadinya kemacetan. Oleh sebab itu telah diberlakukan pembelian tiket melalui daring agar masyarakat tak lagi memadati pelabuhan utama dan penyeberangan antar pulau untuk membeli tiket,” katanya menjelaskan.

Disamping itu Malawat juga menyatakan bahwa menjelang Ramadhan pihaknya mendorong kinerja transportasi yang baik agar dapat menggerakan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu.

“Kami terus mengupayakan untuk transportasi itu tumbuh. Jadi selalu bertambah. Kalau tidak trayek bertambah, frekuensinya bertambah. Itu terus kami lakukan demi menggerakan ekonomi,” katanya.

Menurutnya, dengan sinergisitas yang dilakukan, akan mempermudah menggerakan dan mendukung perekonomian yang ada di Maluku.

Ia juga memastikan bahwa pelayanan dan pengendalian terhadap semua moda transportasi angkutan pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kami juga berharap, semuanya bisa memberikan dampak positif dengan menurunnya angka kecelakaan di tahun ini. Mari kita wujudkan 3M, yaitu Mudik sehat, Mudik aman dan Mudik lancar," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024