Sekretaris daerah (Sekda) Maluku meminta Badan kesatuan bangsa dan politik (Bakesbangpol) Provinsi Maluku meningkatkan kinerja guna ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Kesbangpol Provinsi Maluku dan kabupaten kota, kami minta agar meningkatkan kinerja melalui koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait dalam upaya menjaga stabilitas Kamtibmas di Provinsi Maluku,” ujar Sekda Maluku Sadali Ie di Ambon, Jumat.

Sadali mengatakan hal itu dalam rapat koordinasi teknis Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Maluku tahun 2024 di Kota Ambon.

“Hal ini penting mengingat tugas dan fungsi badan Kesbangpol sebagai penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di daerah terutama dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024 yang aman damai dan kondusif,” jelasnya.

Sekda mengatakan bahwa, Pemilu yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu boleh berjalan baik dan sukses, oleh karena itu Pemerintah Daerah Provinsi Maluku juga berkomitmen untuk menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun 2024 dengan baik, melalui koordinasi dan sinergisitas antara pemerintah daerah provinsi dan kabupaten kota, penyelenggara Pemilu, TNI/Polri dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Ia mengharapkan masing-masing Badan Kesbangpol dapat melakukan sinkronisasi program kegiatan dan sub kegiatan tahun anggaran 2025 guna kelancaran pelaksanaan tugas di daerah masing-masing.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Maluku Daniel E. Indey, mengatakan tujuan dilaksanakan rakortek ini yaitu untuk, meningkatkan peran Badan Kesbangpol dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di daerah, baik provinsi maupun kabupaten kota, terutama dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di Provinsi Maluku.

“Selain itu juga untuk mewujudkan kesamaan persepsi dalam pelaksanaan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta menerima masukan dari Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota, dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik terkait program dan kegiatan, juga merumuskan Langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di bidang Kesatuan Bangsa Dan Politik di Provinsi Maluku,” kata Indey

Ia mengatakan melalui rakortek ini dapat membangun kerja sama yang baik dengan mitra strategis Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dari berbagai elemen pemangku kepentingan yang ada, di Daerah Provinsi maupun Kabupaten Kota Se-Maluku, dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat di Provinsi Maluku yang aman, damai dan kondusif.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024