Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon menggagas wisuda imunisasi dasar lengkap bagi balita sesuai program nasional yang ditetapkan.

"Kegiatan wisuda imunisasi diikuti sebanyak 51 bayi di bawah dua tahun, yang ditandai dengan pemberian piagam serta sertifikat pertanda para balita tersebut tercatat telah melakukan imunisasi dasar lengkap sesuai program nasional yang ditetapkan," kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Maluku  Wendy Pelupessy, Kamis.

Ia mengatakan, imunisasi dalam sistem kesehatan nasional menjadi salah satu bentuk investasi kesehatan yang efektif dalam menurunkan angka kematian bayi dan balita.

Pada kenyataannya masih saja ada masyarakat atau orang tua yang masih enggan membawa anaknya ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi.

"Tetapi kita akan terus berupaya mensosialisasikan pentingnya imunisasi bagi bayi dan balita, dengan harapan bahwa para orang tua akan menyadari sungguh pentingnya menjaga imunitas anak sejak bayi," katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Ambon, Lisa Wattimena, memberikan apresiasi bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan imunisasi balita.

"Saya harus memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat, terlebih khusus kepada para orang tua dari ke 51 Baduta yang di wisuda hari ini. karena dengan penuh kesadaran akan pentingnya kesehatan, sehingga membawa anak mereka ke Posyandu untuk di imunisasi," katanya.

Pihaknya berharap Inovasi Wisuda Imunisasi yang dilakukan pemerintah desa Poka bekerjasama dengan TP PKK, Kepala Puskesmas Desa Poka dan seluruh Kader Posyandu, dapat ditiru oleh semua desa yang ada di Kota Ambon.

"Wisuda Imunisasi balita merupakan pertama kali yang dilakukan Pemerintah Desa Poka, saya harap inovasi ini dapat ditiru, dikembangkan dan dipelajari oleh seluruh desa lainnya di Kota Ambon," kata Lissa.

Sementara itu, Kepala Desa Poka, Martina Kelbulan mengatakan wisuda Imunisasi merupakan suatu bentuk komitmen bahwa seluruh perangkat Desa Poka serius dalam membantu meningkatkan kesehatan bayi dan balita di Kota Ambon, khususnya di Desa Poka.

Dirinya juga mengajak para orang tua untuk mau melakukan imunisasi dasar lengkap kepada anak-anaknya.

"Kami akan terus berupaya agar di kesempatan mendatang, akan lebih banyak lagi orang tua membawa bayi yang diwisuda karena sudah mengikuti imunisasi dasar lengkap, " katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024