Kantor Kesyahandran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Ambon menjalin sinergisitas bersama unsur kemaritiman di Maluku untuk memastikan keamanan pelayaran saat Ramadhan hingga arus mudik dan arus baik Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Bersama insan maritim di Maluku dan Dinas Perhubungan, Pelni, Pelindo dan lain-lain. Kami lakukan uji Petik pemeriksaan fasilitas pelabuhan dan kapal yang dimulai sejak 20 Februari hingga 15 Maret 2024,” ucap Kabid Lala KSOP kelas I Ambon Iyan Ashari di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, uji petik tersebut dalam rangka meningkatkan kelancaran, keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi khususnya di sektor transportasi laut pada masa Lebaran Idul Fitri 2024, serta sebagai keseragaman dalam pelaksanaan pemeriksaan kelaiklautan kapal penumpang dan mekanisme pelaporan sesuai ketentuan.

Selain itu untuk mempercepat proses rampchek kapal pihaknya juga sudah menyampaikan kepada agen-agen kapal mengenai jadwal kapal mereka saat masuk ke pelabuhan Ambon sehingga nantinya bisa langsung dilakukan pemeriksaan tersebut.

Baca juga: KSOP Ambon siapkan puluhan armada kapal untuk pelayaran selama Ramadhan

“Nanti akan dilakukan rapat ulang di tanggal 25 Maret 2024 untuk memantapkan persiapan kami,” katanya.

Iyan melanjutkan bahwa pengecekan fasilitas pelabuhan dimulai dari fasilitas terminal, parkir, toll gate, pintu masuk dan keluar kendaraan, hingga penertiban pedagang asongan.

“Kalau dulu pedagang asongan bisa naik ke atas kapal untuk berjualan, maka saat ini tidak bisa lagi. Kami mulai batasi agar memberikan kenyamanan pada penumpang,” katanya.

Apalagi pada mudik lebaran tahun ini pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang hingga 18,04 persen atau sebanyak 95.027 penumpang. Hal itu mengacu pada persentase kenaikan rata-rata dari tahun 2018 hingga 2023.

Pada 2018, jumlah penumpang arus mudik dan arus balik dari dan ke Ambon sebanyak 76.848, kemudian pada 2019 sebanyak 91.982, selanjutnya pada 2022 sebanyak 44.103 dan pada 2023 sebanyak 80.504 penumpang.

“Jadi sinergisitas antarunsur maritim di Maluku harus maksimal dan terjaga untuk itu kami dari KSOP juga selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” katanya.

Baca juga: KSOP Ambon sediakan 2.120 kuota untuk mudik gratis

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024