Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kepolisian Daerah Maluku Utara melaksanakan sidang penentuan kelulusan akhir peserta seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 53 Tahun 2024 dengan 49 personel dinyatakan lulus.

Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Bambang Suharyono dihubungi di Ternate, Jumat, mengatakan 49 personel tersebut terdiri atas 48 laki-laki dan satu perempuan berasal dari satuan kerja polda dan polres jajaran.

Personel berasal dari polda 30 orang, terdiri atas Satker SDM dua orang, Biro Operasional (2), Direktorat Lalu Lintas (2), Direktorat Intelkam (6), Direktorat Samapta (1), Direktorat Reserse Kriminal Khusus (6), Direktorat Pengamanan Obyek Vital (1), Direktorat Reserse Narkoba (1), Satuan Brimob (4), Bidang Profesi dan Pengamanan (3), dan Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (1).

Personel berasal dari polres jajaran 19 orang, terdiri atas Polres Ternate 10 orang, Polres Sula (2), Polres Halmahera Barat (2), Polres Halmahera Tengah (1), Polres Taliabu (1), Polres Halmahera Selatan (1), Polres Halmahera Timur (1), dan Polres Halmahera Utara (1).

Baca juga: Polda Malut sita ratusan miras dalam operasi jelang Ramadhan

Ia menyebutkan terkait dengan kelulusan ini yang terdapat beberapa kuota, di antaranya 45 personel kuota reguler (44 laki-laki dan satu perempuan), dua orang kuota Kapolda Malut, dan dua orang kuota reguler bhabinkamtibmas.

"Selamat kepada para peserta yang lulus terpilih, dan ini merupakan kesempatan awal yang berharga untuk dapat menjadi seorang perwira pertama di kepolisian, tetap semangat, jaga kesehatan, jaga sportivitas dan soliditas," ujar dia.

Kepada peserta seleksi yang belum lulus, ia menekankan hal ini sebagai bahan introspeksi sehingga dapat memperbaiki kekurangan untuk memanfaatkan kesempatan serupa pada masa mendatang.

"Masih banyak kesempatan lain yang bisa diraih, dengan berlatih dan bekerja keras," kata Kabid Humas AKBP Bambang Suharyono.

Kegiatan dipimpin Karo SDM Polda Maluku Utara Kombes Pol Taovik Ibnu Subarkah dengan dihadiri antara lain pejabat utama Polda Malut, personel Biro SDM, pengawas internal dari Itwasda dan Bidpropam, serta 98 peserta seleksi SIP.

Total peserta seleksi SIP 98 orang, sedangkan mereka yang dinyatakan lulus terpilih 49 personel. Pelaksanaan pendidikan masih menunggu informasi lebih lanjut.

Baca juga: Polda Malut beri edukasi kamtibmas pelajar MAN Model

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024