Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut) menjelang hari raya Idul Fitri membagikan tips semangat mudik masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman dan menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan dalam momentum yang penuh kegembiraan.

Kabid Humas Polda Malut AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Rabu, memberikan tips penting kepada masyarakat untuk melakukan mudik dengan aman dan lancar yang harus diperhatikan agar memastikan kondisi fisik dan kendaraan prima sebelum berangkat serta mematuhi peraturan lalu lintas.

Meskipun demikian, Polri tidak merekomendasikan penggunaan kendaraan roda dua untuk mudik karena spesifikasinya tidak cocok untuk perjalanan jarak jauh. Namun bagi yang tetap memilih roda dua, Polri memberikan saran-saran untuk memastikan keamanan.

Di antaranya, pemudik diminta untuk tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan selalu beristirahat saat merasa lelah.

Selanjutnya, tidak berboncengan lebih dari satu orang, patuh terhadap peraturan lalu lintas, serta menghindari membawa barang berlebihan.

Selain itu, Kabid Humas juga mengingatkan pentingnya keamanan saat menggunakan kendaraan laut seperti speedboat atau kapal penumpang dengan menjaga barang bawaan dan tidak duduk di tepi kapal.

"Dengan mematuhi saran-saran tersebut, diharapkan para pemudik dapat menjalani perjalanan mudik dengan aman, nyaman, dan tanpa hambatan, sehingga momen berkumpul dengan keluarga tercinta dapat dinikmati dengan penuh kebahagiaan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko mengingatkan tentang pentingnya persiapan menjelang perayaan Idul Fitri, mengingat kemacetan lalu lintas dan peningkatan kriminalitas yang biasanya terjadi.

Sehingga, Operasi "Ketupat Kie Raha-2024" diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama 13 hari mulai 4 hingga 16 April 2024.

Sebelumnya Polda Malut menggelar rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan tindakan dalam menjaga keamanan masyarakat selama perayaan Idul Fitri. Semua pihak diharapkan dapat mendukung kegiatan ini, termasuk dalam memastikan ketersediaan pangan, bahan bakar, dan keselamatan transportasi bagi pemudik.jelasnya

Selain itu, potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya juga perlu diantisipasi. Persiapan untuk penyelenggaraan sholat Idul Fitri juga menjadi fokus dalam rapat ini, dengan komunikasi kepada unsur keamanan dan instansi terkait lainnya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024