Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) menggelar pasar murah untuk membantu ekonomi masyarakat menjelang Idul Fitri 1445 hijriah/2024 Masehi.

“Gerakan pangan murah nasional serentak ini dilakukan pada tiga lokasi yang berbeda yaitu di pelataran Masohi plaza, Makodim 1502 masohi, dan Kantor Bupati Maluku Tengah,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Juliana Haumahu dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa.

Juliana Haumahu mengatakan gerakan pangan murah nasional merupakan hasil kerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI.

Ia mengatakan tujuan pasar murah tersebut untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Idul Fitri 1445 Hijriah. Adapun tujuh jenis bahan pokok yang dihadirkan pemerintah daerah dengan harga terjangkau.

“Ada beras, gula, terigu, minyak goreng, telur, mie instan, dan makanan kemasan harga yang dibanderol pun lebih murah dengan selisih harga sekitar Rp1.000 sampai Rp2.000 dengan harg pasaran,” tuturnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa mengatakan pihaknya mendukung terselenggaranya gerakan pangan murah nasional di Maluku Tengah.

Menurutnya, agenda ini sangat tepat dilaksanakan karena mendekati Hari Raya Idul Fitri. Karena pada momen ini, biasanya kebutuhan bahan pokok masyarakat meningkat dari biasanya.

Apalagi gerakan pasar murah kali ini juga menyediakan beberapa produk dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Selain membangkitkan pelaku UMKM pasar murah tersebut juga dapat meringankan masyarakat, semoga dapat meringankan mereka dalam memenuhi kebutuhan jelang Idul Fitri 2024,” tuturnya.

Pihaknya berharap melalui gerakan pangan murah, harga komoditas bahan pokok di Maluku Tengah stabil, sehingga masyarakat mudah membeli bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024