Pelabuhan (UPP) kelas II Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku melayani  18.830 pemudik yang bepergian menggunakan kapal laut  hingga H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Data tersebut terhitung sejak H-15 Idul Fitri 1445 Hijriah hingga data terakhir pada H+4,” kata Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tulehu, Margarita Wattimury dihubungi dari  Ambon, Selasa.

Margarita menjelaskan data yang dihimpun itu terdiri dari akumulasi penumpang naik sebanyak 12.184 orang dan penumpang turun sebanyak 6.646 orang.

Menurut Margarita angka tersebut mengalami penurunan sebesar 24 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada  2023 yaitu 11.584 penumpang naik dan 8.527 penumpang turun.

“Berdasarkan data yang kami himpun ini menunjukkan penurunan jumlah penumpang yang cukup signifikan pada arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah. Karena peningkatan pesat penumpang justru terjadi pada H+1 Idul Fitri yaitu sebesar 262 persen,” tuturnya.

Meski demikian pihaknya memastikan lima kapal cepat siap melayani arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Lima kapal yang tersedia yaitu Kapal cepat Expres Cantika Torpedo, E C 88, E Pricilia 99, EC. Inova (cadangan), Kapal Cantika Lestari 99B (Fery),” kata dia.

Kelima kapal tersebut melayani penyeberangan menuju wilayah Haruku, Saparua, Masohi, Banda dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya di wilayah Maluku Tengah.

“Kami pastikan seluruh calon penumpang bisa terlayani begitu juga dengan penumpang program kegiatan mudik gratis sehingga tidak terjadi penumpukan calon penumpang,” ujar dia.

Oleh sebab itu kata dia pihaknya memaksimalkan fasilitas yang ada untuk memberikan kenyamanan kepada calon penumpang.

“Seperti ruang tunggu, dan fasilitas pendukung lainnya yang memang sudah ada sebelumnya, kemudian kami juga menyiapkan KN Kalawai dari Pelabuhan Tual untuk membantu jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang,” tuturnya.

Pada sisi lain pihaknya  mencatat Pelabuhan Amahai di Maluku Tengah menjadi tujuan terbanyak  pemudik pada Idul Fitri 144 Hijriah.

“Berdasarkan data yang kami himpun ada sebanyak 4.463 penumpang menuju Pelabuhan Amahai dari 38 pelayaran menggunakan kapal cepat sejak H-15 sampai H+4 Idul Fitri 1445 hijriah,” kata dia.


 Margarita menyampaikan  penyeberangan menuju Pelabuhan Amahai dari Pelabuhan Tulehu itu menggunakan KM Priscilla-99 dan KM Cantika Torpedo yang dikelola perusahaan PT Pelayaran Dharma Indah.

Selain kedua kapal cepat tersebut ada tiga kapal lainnya yaitu KM. E C 88, KM EC. Inova (cadangan), Kapal Cantika Lestari 99B (Fery).

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024