Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maluku Utara (Malut) berharap seleksi substantif Pemilihan Duta Genre (Pildugen) di Provinsi Malut dapat membentuk karakter positif generasi muda di daerah ini, terutama dalam mensosialisasikan terkait stunting.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan generasi muda terbaik Maluku Utara sebagai role model dan panutan remaja sebayanya dalam merencanakan masa depan," kata Ketua Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting (KKPS) Wahyudi di Ternate, Ahad.

Selain itu, meningkatkan kualitas akses informasi, pendidikan dan konseling serta mengembangkan citra positif dalam mempromosikan Program Bangga Kencana melalui jejaring kemitraan Duta Genre

Dia menyebut, BKKBN Malut harapkan, Duta Generasi Berencana (Genre) di Malut menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter bangsa yang berkualitas untuk menuju Generasi Emas di tahun 2045 dengan berperan aktif mendukung upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia.

Sehingga, pihaknya menggandeng Duta Genre agar bersama-sama mengampanyekan dan mengedukasi teman-teman sebaya melalui kegiatan edukasi dan aksi gizi serta pencegahan anemia pada remaja.

Oleh karena itu, remaja saat ini tentu saja membutuhkan penanganan dan informasi seluas-luasnya mengenai upaya-upaya penurunan dan pencegahan stunting sedari dini.

Dia menyebut salah satu program dari Generasi Berencana (Genre) yang digagas oleh BKKBN, terdapat rencana kerja pencegahan stunting yang disebut Implementasi Nyata Genre Cegah Stunting (INI GENTING).

Implementasi nyata Genre Cegah Stunting salah satunya adalah meningkatkan status gizi dan kesehatan remaja dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Utara, Nuryamin, menyampaikan remaja generasi milinial harus memiliki karakter positif yang kuat dalam bergaul.

"Saya melihat generasi milenial ini sudah banyak yang pintar-pintar. Hanya saja yang memiliki karakter positif yang kuat masih kurang. Karakter positif ini meliputi bertanggungjawab, memiliki integritas, disiplin, sopan santun dan menghargai orang tua. Hal ini lah yang saya harapkan, para peserta yang mengikuti seleksi substantif Duta Genre Tahun ini merupakan remaja yang memiliki karakter positif yang kuat." ujar Nuryamin

Peserta seleksi Substantif Pemilihan Duta Genre Tahun 2024 berjumlah 105 orang peserta terdiri dari Kabupaten Halmahera Utara, Halmahera Timur, Halmahera Tengah, Kepulauan Sula, Halmahera Selatan, Pulau Morotai, Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan.*

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024