Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Komando distrik militer (Kodim) 1506 Namlea membangun sarana air bersih di Kecamatan Lolongbua, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

“Hal ini kami lakukan untuk memastikan ketersediaan air bersih di Desa Grandeng, Kecamatan Loongbua, memadai untuk masyarakat,” kata Komandan SSK Satgas TMMD Kodim 1506/Namlea Kapten Inf Abas Siolon dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan pembangunan sarana air bersih tersebut berupa menara tandon penampung air, sekaligus dengan pembangunan sumur bor yang dilakukan oleh para petugas TMMD bersama masyarakat setempat.

“Dengan adanya tandon air tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk menyuplai kebutuhan air bersih bagi warga di lokasi TMMD ke-120. Agar saat musim kemarau tiba, kebutuhan air tetap tersedia untuk kebutuhan masak, minum, maupun kebutuhan lainnya," kata Abas Siolon.

Kepala Desa Grandeng, Kecamatan Lolongbuang, mewakili warga setempat mengaku bersyukur dengan adanya Program TMMD dan pihaknya siap menyukseskan segala program salah satunya pembangunan menaa tandon air yang bermanfaat sebagai sarana kebutuhan air bersih.

Sementara itu pada kesempatan lain Dandim 1506 Namlea Letkol Arh Agus Nur Fujianto mengatakan kegiatan TMMD ke-120 sendiri dibagi dalam dua kategori yaitu pembangunan fisik dan kegiatan non-fisik, seperti sosialisasi dan penyuluhan.

Dandim Letkol Agus menjelaskan kegiatan fisik TMMD ke-120 ini dimulai dari pembuatan talud atau dinding pembatas sungai dan pantai pada kiri dan kanan jalan sepanjang 353 meter, kemudian pembuatan drainase sepanjang 270 meter, dan pembuatan drainase sepanjang 365 meter. 

TMMD ke-120  digelar di Kodim Namlea Maluku dan Kodim Tobelo Maluku Utara. Melalui TMMD ini, kata dia, diharapkan dapat memperkuat sinergisitas antara TNI bersama masyarakat.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024