Panglima daerah militer (Pangdam) XV Pattimura Mayjend TNI Syafrial mengajak masyarakat Maluku untuk membangkitkan semangat nasionalisme di era teknologi untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116.

"Harkitnas merupakan momentum bersejarah yang selalu dirayakan oleh seluruh bangsa Indonesia, juga termasuk berbagai instansi di seluruh negeri, dengan semangat Harkitnas mari kita bangkitkan semangat nasionalisme di era teknologi saat ini," kata Pangdam XV/Pattimura Mayjend TNI Syafrial yang diwakili Kasdam Pattinura Brigjend Nefra Firdaus saat upacara Harkitnas di Ambon, Senin.

Dijelaskan, Kebangkitan Nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat Kebangkitan Nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.

Pada kesempatan itu, Pangdam Pattimura juga membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi yang mengemukakan bahwa Harkitnas merupakan peringata, yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai 'Jembatan Emas'.

Baca juga: Pangdam Mayjen TNI Syafrial ajak pemuda Maluku teladani pahlawan Kapitan Pattimura

Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah 'Jembatan Emas' yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera, lahir dan batin di atas tanah sendiri.

"Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru," katanya.

Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi.

"Adagium di zaman ini, jelas dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas," tuturnya.

Baca juga: Kodam Pattimura bina mental prajurit tingkatkan daya juang dan integritas sebagai abdi negara

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024