Panglima Daerah Militer (Pangdam) XV Pattimura mengemukakan bahwa ziarah ke makam pahlawan dapat membangkitkan nasionalisme dan patriotisme prajurit hingga masyarakat.

"Ziarah ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela, mempertahankan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengingatkan kita agar tidak melupakan sejarah dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu," kata Pangdam Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Rabu.

Pangdam melakukan tabur bunga dan ziarah ke makam pahlawan dalam menyambut HUT Kodam Pattimura ke-67.

Dalam upacara tersebut, dilakukan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, dan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di makam para pahlawan.

Pangdam mengatakan kegiatan itu juga untuk mengenang kembali keteladanan, pengabdian dan pengorbanan para pahlawan dan menjadikan semangatnya sebagai panutan dalam meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa.

"Dengan ziarah ke makam pahlawan, nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme semakin terpatri dalam diri prajurit," katanya.

Selain ziarah makam pahlawan dalam menyambut HUT Kodam Pattimura ke-67, Pangdam mengatakan pihaknya juga melakukan kegiatan sosial lainnya seperti bakti sosial pada anak yatim, bakti sosial kesehatan, dan pembersihan pantai sebagai sumbangsih TNI untuk daerah Maluku.

Turut Hadir pada kegiatan itu Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus, Irdam XV/Pattimura Brigjen TNI Muhammad Ali, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Ragel Da Silva, Para Pamen Ahli.*

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024