Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Buru,  Maluku  merumuskan strategi dan mengkoordinasikan langkah konkret  guna mempercepat perluasan akses keuangan masyarakat di daerah itu.

"Melalui rapat pleno TPKAD kami berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Kabupaten Buru, karena akses keuangan yang luas akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Buru, Nawawi Ibrahim Tinggapy di Ambon, Kamis.

Pelaksanaan rapat pleno TPAKD bertujuan  merumuskan program kerja peningkatan akses keuangan yang akan dilaksanakan pada  2024, melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, industri jasa keuangan dan pemangku kepentingan lainnya yang tergabung dalam TPAKD Kabupaten Buru. 

Upaya tersebut diharapkan dapat menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan dalam rangka pemerataan ekonomi dan kemandirian daerah.

Selain itu mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif antara lain untuk mengembangkan UMKM, usaha rintisan dan membiayai pembangunan sektor prioritas.

Upaya lainnya kata Nawawi adalah mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, 
dan melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan akses keuangan di daerah.

Sementara itu perwakilan OJK Provinsi Maluku Stella Matitaputty menjelaskan TPAKD merupakan salah satu upaya strategis mendukung tercapainya pemenuhan target indeks inklusi keuangan sebesar 90 persen pada akhir 2024.

Sebagaimana yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat yang pada akhirnya memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, peran penting TPAKD dalam upaya peningkatan kesejahteraan ini dapat dilakukan dengan berbagai program prioritas dan inisiatif Pemerintah Daerah termasuk program kerja kolaborasi antar OPD melalui TPAKD Kabupaten Buru, yang didukung penuh oleh OJK. 

"Kami memberikan apresiasi kepada Pemkab Buru yang telah ikut mendorong percepatan peningkatan inklusi keuangan melalui pembentukan TPAKD dan penetapan program kerja, " ujarnya. 
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024