Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N. Kaya meminta dukungan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengawali tugas sebagai  kepala daerah  di Ibu Kota Provinsi Maluku tersebut.. 

"Mengawali tugas sebagai Penjabat Wali Kota Ambon saya ingin mendapat dukungan, saya tidak mungkin bekerja sendiri, saya butuh dukungan dari bapak ibu, baik Pak Sekretaris Kota (Sekkot), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)dan semua ASN," katanya di Ambon, Selasa. 

Ia mengatakan  akan menjabat sebagai Penjabat Wali Kota selama satu tahun, sampai dilantik pemimpin yang definitif di kota ini. 

Oleh karena itu, dalam kurun waktu tersebut, sangat mengharapkan adanya kerjasama selaku tim dari jajaran OPD dan ASN. 

"Prinsip saya selalu dalam bekerja setiap OPD yang ada itu adalah tim kerja, yang namanya tim berarti semua bekerja bersama-sama saling menopang dan saling mendukung, ibarat mata rantai yang tersambung utuh," katanya. 

Ia menyatakan, tugas dan tanggung jawab Penjabat Wali Kota sesuai dengan SK Menteri Dalam Negeri, tidak bisa terlalu banyak mengubah kebijakan yang telah dilakukan oleh penjabat sebelumnya.

"Kita akan memperkuat apa yang telah dilakukan oleh Penjabat sebelumnya dan mungkin apa yang harus dibenahi, ada yang kurang-kurang harus diperkuat lagi," katanya. 

Dirinya juga meminta ASN, untuk disiplin dan loyal dalam bekerja, dimana disiplin harus dimulai dari hal sederhana. 

Sedangkan loyalitas birokrat tidak loyal kepada pribadi, tetapi pada pada aturan sistem dan pimpinan yang ditetapkan secara hukum. 

Yang terutama adalah tidak melupakan Tuhan melalui doa yang dipanjatkan.Kita terbatas dalam banyak hal sebagai manusia. Disadari, masing-masing orang punya kelebihan, tapi pasti juga punya kekurangan dan keterbatasan, maka doa menjadi kekuatan kita," katanya. 

Dominggus N. Kaya dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Ambon, menggantikan Bodewin M. Wattimena pada 24 Mei 2024 oleh Penjabat  Gubernur Maluku Sadali le.

Sebelum menjadi Penjabat Wali Kota, bertugas sebagai Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Maluku. 

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024