Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng)  melakukan kunjungan kerja belajar pemanfaatan transformasi digital ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. 

"Kunjungan ketiga kalinya di Pemkot Ambon bertujuan  menghimpun  pengalaman terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek pemerintahan dan pelayanan publik, menuju konsep kota/kabupaten cerdas," kata Pl Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) Kota Ambon Ronald Lekransy di Ambon, Jumat.

"Kebetulan Kota Ambon berproses lebih awal dalam kaitan konsep kota cerdas sebagaimana program pemerintah pusat, " katanya.

Kunjungan ini katanya adalah momentum berbagi pengetahuan dan informasi, bagaimana menyiapkan  rencana induk perencanaan kota pintar, bagaimana menyiapkan SDM, membangun konsolidasi melibatkan semua OPD dan pemangku kepentingan. 

"Termasuk gagasan dan konsep membangun ruang command center, serta bagaimana mengelola SP4N Lapor serta pentingnya pelibatan pimpinan daerah dalam menunjng kota pintar," katanya. 

Sementara, Kepala DiskominfoSandi Malteng Corneles Saparue mengungkapkan kunjungan kerja tersebut  mengesankan lantaran kedatangan disambut dengan baik oleh pimpinan tertinggi pada dinas dan semua pihak terkait. 

 "Kesan di KominfoSandi Kota Ambon  luar biasa, informasi didapatkan dengan mudah, pertanyaan dapat dijawab, banyak informasi yang diperoleh, selain itu juga mengapresiasi kerja teman-teman di ruang Command Center. Ini salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh semua kabupaten kota di Maluku. Semua pengurusan terintegrasi dari tingkat yang paling bawah (RT) sampai ke atas," ujarnya. 

Ia berharap, setelah kembali ke lingkup kerja hal ini dapat dipersiapkan dengan baik agar ke depan Malteng setara dengan Kota Ambon, guna mengembangkan kota pintar.

"Ke depan kita akan tetap menjadi mitra untuk bisa berbagi berbagai program kegiatan, mungkin itu kami akan mulai dengan penyiapan rencana induk kota pintar, sebagai pedoman dalam melaksanakan program pembangunan di Maluku Tengah, " katanya. 
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024