Mantan Pepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo menilai Menteri Pertahanan sekaligus 0residen terpilih Prabowo Subianto pantas mendapatkan pangkat jenderal kehormatan karena memiliki kapasitas yang mumpuni dan telah banyak berjuang untuk bangsa.

"Saya mengucapkan khusus selamat atas (pangkat) jenderal bintang empat. Artinya kualitas Mas Bowo itu sudah teruji," kata Subagyo dalam siaran pers diterima di Jakarta, Senin.

Sehari sebelumnya, Minggu (2/6), Subagyo menerima kunjungan Prabowo Subianto di kediamannya daerah Gondokusuman, Yogyakarta.

Menurut Subagyo, kualitas Prabowo sudah terlihat sejak dirinya masih aktif sebagai prajurit kala menjadi komandan Prabowo di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tahun 1994-1995.

Setelahnya, Prabowo dilantik menjadi Komandan Kopassus mengganti Subagyo.



Dia berharap gelar penghargaan jenderal bintang empat itu bisa dipertanggungjawabkan Prabowo dengan terus mengabdi untuk bangsa.

Prabowo pun mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Subagyo dan mengatakan kunjungan ini adalah yang pertama kali setelah Pilpres 2024 rampung digelar.

"Berkali-kali saya niat untuk datang, akhirnya datang. Ini adalah pertama kali perjalanan saya ke Yogyakarta sesudah pilpres," tutur Prabowo.

"Jadi, terima kasih, Pak Bagyo," sambungnya.

Subagyo merupakan salah satu perwira tingkat tinggi TNI AD yang pernah menempati jabatan-jabatan strategis, di antaranya Komandan Kopassus tahun 1994 hingga 1995, KSAD selama tiga kepemimpinan presiden, yakni Soeharto, Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri.

Terakhir, Subagyo pernah menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015 hingga 20 Oktober 2019.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mantan KSAD sebut Prabowo layak mendapatkan gelar jenderal kehormatan

Pewarta: Walda Marison

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024