Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor wilayah (Kanwil) Maluku melakukan sosialisasi strategi nasional bisnis dan Hak Asasi Manusia kepada para pemangku kepentingan di daerah itu.

Bisnis yang berkelanjutan tidak hanya dilihat dari aspek ekonominya saja, tetapi juga dari seberapa besar peran dan kontribusinya dalam menjaga dan menghormati nilai-nilai kemanusiaan,” kata Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.

Ia mengungkapkan, strategi nasional bisnis dan HAM merupakan komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa setiap kegiatan bisnis di Indonesia dilakukan dengan prinsip-prinsip yang menghormati HAM.

Menurutnya hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip panduan PBB tentang bisnis dan Hak Asasi Manusia, Perpres No 60 Tahun 2023 tentang strategi nasional bisnis dan HAM, serta Permenkumham No 13 tahun 2024 tentang tata kerja gugus tugas nasional dan gugus tugas daerah bisnis dan Hak Asasi Manusia.

Melalui kegiatan ini, Hendro kemudian mengajak seluruh pihak yang hadir dalam sosialisasi untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pengetahuan.

"Kita harus bersama-sama menciptakan lingkungan yang mendukung penerapan prinsip-prinsip HAM dalam setiap aspek kegiatan bisnis sehingga sosialisasi ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang konstruktif dan aplikatif untuk pengembangan kebijakan dan praktik bisnis yang lebih baik,” terangnya..

Sesuai komitmen dari Kanwil Kemenkumham Maluku, Sosialisasi Strategi Nasional Bisnis dan HAM di Maluku ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen para pemangku kepentingan dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip HAM dalam dunia usaha.

“Hal ini diharapkan dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat luas, meningkatkan daya saing dan reputasi bisnis Indonesia di kancah internasional, serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” tandasnya.

Sosialisasi ini juga diikuti oleh pelaku usaha, organisasi masyarakat sipil, dan akademisi serta menghadirkan narasumber dari para ahli di bidang bisnis dan HAM.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024