Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memusatkan pelaksanaan Ibadah Shalat Idul Adha 1445 hijriah/2024 di Masjid Raya Al fatah Ambon.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ibadah Shalat Idul Adha dilangsungkan di Masjid Al Fatah Ambon yang mampu menampung sebanyak 9.000 jamaah,” kata Ketua Yayasan Al Fatah Hadi Basalamah di Ambon, Senin.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 hijriah/17 Juni 2024 masehi di Kota Ambon dimulai tepat pada pukul 07:30 WIT.

Terpantau jamaah dari seluruh penjuru Kota Ambon mulai berdatangan dan memadati masjid tersebut sejak pukul 05:30 WIT.

Tak hanya di dalam masjid, bahkan area halaman masjid hingga trotoar jalanan di sekeliling masjid pun dipenuhi oleh jamaah yang mengikuti ibadah tersebut dengan menggelar koran atau kardus bekas sebagai alasnya.

Shalat Idul Adha di masjid itu dipimpin Imam Masjid Al-Fatah Haji R.R. Hasanussi, sedangkan khatib, dipercayakan kepada mantan Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Ustad Fahry Husni Alkatiri.

Dalam Khotbahnya Ustad Fahry mengingatkan para jamaah tentang sejarah peristiwa asal muasal ibadah haji dan Idul Adha dilakukan.
 

“Peristiwa tersebut yakni ketika Nabi Ibrahim diuji oleh Allah SWT untuk mengorbankan putranya, Ismail, sebagai wujud kepatuhan kepadaNya,” katanya.

Melalui peristiwa itu ia mengingatkan kepada para jamaah untuk senantiasa taat dan patuh dengan perintah dan ketetapan Allah.

Selain itu kata dia suri tauladan yang bisa diperoleh dari kisah perjalanan Nabi Ibrahim adalah tentang bagaimana Ia bertanggungjawab kepada keluarganya atas apa yang Allah perintahkan.

Seorang anak melihat-lihat hewan kurban di Masjid Raya Al Fatah Maluku usai Shalat Ied (ANTARA/Dedy Azis)

Ia melanjutkan Hari Raya Idul Adha juga sepatutnya dijadikan momentum untuk berbagi kepada sesama terlebih untuk anak yatim dan orang miskin sebagaimana diperintahkan Allah.

“Semoga Idul Adha ini menjadi momentum untuk meningkatkan rasa ingin berbagi kepada sesama terutama anak yatim/piatu dan orang miskin,” katanya.

Sementara itu Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie berharap sukacita Idul Adha dapat dirasakan seluruh warga yang merayakan lewat pembagian hewan kurban.
 

Pasalnya Pemprov Maluku sendiri berkurban sebanyak 155 ekor hewan kurban yang terdiri dari 105 sapi dan 50 kambing ditambah seekor sapi sumbangan darinya dan seekor lagi dari Presiden Jokowi.

“Pembagian hewan kurban merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab Pemprov Maluku dan Pemerintah Pusat kepada umat muslim yang akan merayakan Idul Adha,” katanya.

Hal tersebut kata Sadali, bukan hanya sebagai kegiatan formal saja. Tetapi bagaimana berbagi, meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Untuk itu, dengan adanya bantuan hewan kurban ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan protein hewan.

Nantinya pembagian daging hewan kurban ini tak hanya dibagikan kepada warga Muslim saja tetapi juga warga non Muslim yang tidak berkecukupan.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Maluku pusatkan Shalat Idul Adha di Masjid Raya Al Fatah Ambon

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024