Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku meningkatkan pengembangan ikan tuna sirip kuning sebagai produk unggulan guna meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat serta memperkenalkan produk tuna sirip kuning ke mancanegara

"Provinsi Maluku merupakan salah satu produsen utama tuna sirip kuning di Indonesia, oleh sebab itu komoditas perikanan ini harus terus dikembangkan dari berbagai sisi agar semakin mendunia" kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie di Ambon, Jumat.

Apalagi kata dia kondisi geografis Maluku yang strategis mendukung aktivitas perikanan tangkap ikan tuna sirip kuning secara besar-besaran baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor.

"Sebagai penghasil tuna sirip kuning terkemuka di Indonesia Pemprov Maluku telah menerapkan praktik pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan dan bertanggung jawab," kata dia.

Ia mengatakan hal itu merupakan komitmen pemerintah terhadap praktik penangkapan ikan yang berkelanjutan melibatkan pihak swasta perusahaan perikanan bekerja sama dengan para nelayan untuk memastikan penangkapan ikan tuna sirip kuning aman dan bertanggung jawab tanpa menimbulkan kerusakan lingkungan atau menipisnya stok.

Penangkapan tuna sirip kuning secara tradisional di Maluku (Antara/HO-Pemprov Maluku)

"Meskipun cara ini tradisional, namun secara luas telah dipuji sebagai teknik penangkapan ikan secara terukur," ucapnya.

Setelah ditangkap, tuna dibawa ke pabrik untuk diproses menggunakan teknologi canggih guna menjaga kesegaran dan kualitas ikan tersebut.

Pada perusahaan tersebut ikan tuna sirip kuning diberi sertifikat mutu guna memastikan kualitasnya sebelum diekspor ke pasar mancanegara.

"Melalui perusahaan swasta pengolahan komoditas perikanan, tuna sirip kuning diproses hingga menjadi tuna loin, tuna segar beku, tuna potongan sashimi dan lain sebagainya," ujarnya.

Tak hanya itu ia melanjutkan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku juga berkomitmen melakukan promosi manfaat tuna bagi kesehatan kepada masyarakat.

Komitmen itu dimulai dari bagaimana memastikan penangkapan ikan tuna sirip kuning secara terukur serta cara pengolahan untuk dikonsumsi

"Hal ini juga dimaksudkan untuk menunjukkan dan menyadarkan konsumen domestik tentang pentingnya mengonsumsi produk perikanan agar generasi kita lebih sehat dan terhindar dari gejala stunting dan lain-lain," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024