Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Ambon, Maluku  melakukan sosialisasi kegiatan Pekan Raya Bea dan Cukai (PRBC) 2024 di sejumlah sekolah di kota Ambon. 

"Kunjungan ke lima SMA dan SMK di Ambon dilakukan dalam rangka menyemarakkan Hari Bea Cukai ke-78," kata Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Farid Irfan di Ambon, Sabtu. 

Ia mengatakan, SMA/SMK yang dikunjungi Bea Cukai Ambon antara lain SMAN 4 Ambon, SMAN 3 Ambon, SMA As Salam, SMA 62 Maluku Tengah dan SMKN 3 Ambon guna meriahkan penyelenggaraan Pekan Raya Bea Cukai, dilakukan kegiatan Customs and Excise for High School (CEFHS). 

Pelaksanaan CEFHS  diselenggarakan secara luring dan daring, meliputi sosialisasi  Kepabeanan dan cukai, berbagai lomba secara daring seperti pidato bahasa Inggris, baca puisi, pembaca berita, School Combat. 

Sedangkan lomba secara luring yakni lomba kreasi baris berbaris, lomba tari ratoh jaroe, dan lomba paduan suara. 

Ia menyatakan, dalam kesempatan kunjungan ke sekolah, Bea Cukai berupaya menyampaikan informasi terkait tugas dan fungsi Bea Cukai serta peranannya dalam mendukung capaian penerimaan APBN. 

"Tujuannya juga menambah pemahaman siswa tentang peran Bea Cukai dalam APBN, " katanya. 

Bea Cukai Ambon berharap kunjungan ke lima sekolah ini dapat menciptakan citra positif untuk mewujudkan reputasi bea cukai semakin baik.

Diharapkan para siswa dan siswi yang mengikuti acara ini dapat menjadi duta APBN dengan turut menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, dimulai dari keluarga, teman dan lingkungan sekitar, terkait APBN secara umum serta lebih khusus terkait tugas dan fungsi Bea Cukai.

Dalam kunjungan tersebut tim Bea Cukai Ambon membagikan poster CEFHS sekaligus memberikan penjelasan singkat terkait materi lomba yang akan dilombakan dalam CEFHSs.

Kepala SMAN 4 Ambon Mezack tentua, menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan Bea Cukai Ambon dan berharap kunjungan ini menjadi bekal dan ilmu baru bagi siswa.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024