Ambon (Antara Maluku) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku menyatakan para korban banjir di Negeri Administratif Bula Air dan Negeri Administratif Fatolo, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Selasa telah kembali ke rumah masing-masing seiring surutnya air.

"Kami dilaporkan banjir merendam ratusan unit rumah di dua negeri tersebut. Namun, sejak Rabu (15/1) dinihari, sekitar pukul 00.30 WIT para pengungsi telah kembali ke rumahnya," kata Sekretaris BPBD Maluku Kifly Wakanno, dikonfirmasi, Rabu.

Ia mengatakan, para pengunsi saat tinggal di Masjid AlFajar Fatolo maupun Masjid An Nur dan rumah warga yang tidak terendam banjir mendapatkan bantuan makan siap saji.

Dinas Sosial SBT juga menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada ribuan pengungsi.

"Jadi tidak ada korban maupun kerusakan bangunan sehingga bantuan tanggap darurat disalurkan untuk mendukung warga membersihkan rumah mereka," ujar Kifly.

Sedangkan BPBD SBT siaga dengan tenda - tenda yang sewaktu - waktu dibagikan untuk dipasang di daerah dinilai aman.

Tokoh pemuda Negeri Administratif Fatolo, Muhammad Jafar Siwansiwan menyatakan, banjir disebabkan hujan deras dan luapan banjir merendam ratusan unit rumah pada Selasa (14/1), sekitar pukul 16.00 - 19.00 WIT.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014