Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara mengerahkan 216 personel untuk mengawal dan mengamankan proses pendaftaran calon gubernur pada Pilkada 2024 di Kantor KPU setempat.

Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Bambang Suharyono di Ternate, Selasa, menyatakan  pihaknya siap mengawal proses pendaftaran pasangan calon dengan maksimal  yang  berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus 2024.

Untuk memastikan keamanan selama pendaftaran, Polda Malut mengeluarkan Surat Perintah Kapolda Malut Nomor: Sprin/814/VIII/OPS.1.3/2024 pada 20 Agustus 2024. Surat ini memerintahkan pengerahan 216 personel untuk mengamankan kegiatan tersebut.

Ia menambahkan  personel yang dikerahkan telah dilatih dengan baik untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi selama proses pendaftaran.

Kabid Humas juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan tim sukses pasangan calon untuk menjaga ketertiban dan mematuhi aturan yang berlaku. Pihaknya mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan aparat kepolisian agar suasana tetap aman dan kondusif selama proses pendaftaran.

Polda Maluku Utara berharap dengan pengamanan yang ketat, pendaftaran pasangan calon dapat berjalan lancar dan aman, sehingga Pilkada serentak 2024 dapat terlaksana dengan baik tanpa gangguan berarti.

Sebelumnya, Kapolda Malut Irjen Polisi Midi Siswoko menyebut bahwa pihaknya sudah memetahkan dari 10 kabupaten/kota di Malut, ada satu daerah menjadi perhatian  pihak keamanan dalam pengamanan,  karena masuk rawan pada pilkada serentak 2024.

Kapolda menjelaskan, pihak telah melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan kontestasi Pilkada yang diikuti sepuluh kabupaten/kota di Malut, agar pesta demokrasi di provinsi yang dikenal negeri para raja ini dapat berjalan aman dan damai.

"Saya minta semua pihak  menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),  sehingga Pilkada Gubernur dan Wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota se Malut bisa berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan," ujarnya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024