Sejumlah bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah di Maluku Utara (Malut) mulai jalani tes urine  sebagai salah satu syarat terbebas dari penyalahgunaan narkotika dalam mencalonkan diri. 

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Budi Mulyanto melalui Ketua Tim Tes Urine, Hairuddin Umaternate di Ternate, Jumat, mengatakan, hingga hari ketiga terdapat 11 bapaslon tingkat kabupaten/kota yang menjalani pemeriksaan urine, hasilnya akan disampaikan oleh masing-masing  Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Di hari ketiga tadi sudah ada 22 orang atau 11 bakal pasangan calon yang kami lakukan tes urine jumlah itu dari beberapa Kabupaten/Kota," kata Hairuddin. 

Dia mengatakan, BNNP Malut bekerja sama dengan tim dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasan Boesoerie Ternate dalam melakukan pemeriksaan terhadap bapaslon. 

"Sehingga hasilnya nanti kita gabung dengan tim pemeriksa kesehatan dari RSUD untuk lakukan pleno hasil, kemudian diserahkan ke KPU - KPU Kabupaten/Kota dan KPU Provinsi. Hasilnya nanti KPU yang melihat apakah layak atau tidak layak (mencalonkan diri) misalnya," ujar Hairuddin. 

BNNP Malut, kata Hairuddin, menunjukkan komitmen untuk memerangi penyalahgunaan narkotika, dengan meminta agar para bapaslon berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) terlebih lagi jika terpilih nanti baik itu bupati, wali kota maupun gubernur. 

"Dalam melakukan tes urine ada unsur advokasi yang kami berikan kepada bakal calon baik itu bupati, wali kota, maupun gubernur , " ungkapnya. 

Bahkan, pernyataan yang disampaikan dalam advokasi adalah komitmen bisa melaksanakan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di wilayah kerja mereka masing-masing," sambung dia. 

 11 paslon yang telah melakukan tes urine yaitu , Syahril Abdurradjak dan Makmur Gamgulu, serta paslon M. Tauhid Soleman dan Nasri Abubakar,  lalu pasangan Santrani Abusama dan Bustamin Abulatif yang maju di pilkada Kota Ternate.

Lalu paslon Dany Missy dan Iksan Husain, James Uang dan Djufri Muhammad, yang maju di pilkada Kabupaten Halmahera Barat. 

Kemudian paslon yang maju di pilkada Halmahera Selatan, yakni Bahrain Kasuba dan Umar H. Soleman dan paslon Hasan Ali Basam Kasuba dan Helmi Umar Muchsin. 

Selanjutnya, untuk pilkada kota Tidore Kepulauan paslon yang sudah melakukan test urine adalah Muhammad Sinen dan Ahmad Laiman, dan pasangan Syamsul Rizal Hasdy dan Adam Dano Djafar. 

Lalu paslon bupati dan wakil bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub -Anjas Taher., pasangan Hendrata Thes dan M. Natsir Sangadji yang maju di pilkada Kabupaten Kepulauan Sula.  
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024