Majelis Latupati Kota Ambon, Maluku menyerukan kepada bakal calon kepala daerah agar membudayakan politik yang beradab dan beradat menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.

"Kami menyerukan kepada semua bakal calon untuk memulai sebuah budaya berpolitik, budaya berdemokrasi yang benar- benar menjunjung tinggi nilai adat, tetapi juga nilai keimanan," kata Ketua Latupati Kota Ambon, Reza Valdo Maspaitella, di Ambon, Senin.

Ia menyatakan mewakili negeri-negeri adat, Majelis Latupati Kota Ambon berkeinginan agar tahapan pelaksanaan pilkada berjalan aman dan damai.

Tahapan Pilkada jangan dirusak dengan praktek politik uang karena berdampak merusak moral dan mental masyarakat.

"Kami ajak para calon kepala daerah, mari kita memulai proses demokrasi untuk dipilih menjadi pemimpin Kota Ambon dan Provinsi Maluku, dengan satu sikap hati yang benar, menjunjung tinggi moral akhlak etika, sebagai contoh bagi masyarakat adat sehingga akhirnya masyarakat bisa berkembang, " katanya.

Majelis Latupati juga mengajak seluruh raja di negeri adat agar menjaga netralitas menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.


Baca juga: Majelis latupati Ambon serukan pemilu 2024 berjalan damai, beradab dan beradat

"Menjelang pilkada ini kami mengajak para raja untuk bersikap netralitas selama tahapan pilkada berlangsung, " ujarnya.

Menurut dia, setiap pimpinan dan masyarakat adat di Kota Ambon memiliki pilihan dan semua dikembalikan pada pilihan masing- masing, tetapi yang pasti harus bersikap netral seperti saat pelaksanaan pilkada nanti.

"Pilihan boleh berbeda, tetapi harus menjaga netralitas agar tahapan pilkada berjalan lancar dan damai, " katanya.

Dia pun mengajak semua pihak berkolaborasi memastikan pelaksanaan pilkada di bumi raja-raja ini berjalan dengan baik karena pemimpin baik diawali dengan proses pemilihan yang baik.

Selain menjaga netralitas, kata dia, pihaknya juga siap mendukung dan membantu TNI dan Polri dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pilkada.

"Hal ini merupakan bagian dari komitmen setiap raja di Kota Ambon, dan Majelis Latupati juga akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri guna memastikan aspek kamtibmas tetap aman dan lancar, " ujarnya.


Baca juga: Majelis Latupati Ambon ajak perangkat adat jaga netralitas di pilkada

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024