Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan memperkuat sinergi dengan TNI untuk memperkuat penjaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh prajurit.

"Saat ini BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 685 fasilitas kesehatan milik TNI,  terdiri atas  570 klinik pratama dan 115 rumah sakit. Harapannya, dengan adanya perluasan akses fasilitas kesehatan dan manfaat penjaminan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI, hal ini bisa mendukung tugas pokok dan fungsi TNI," kata  Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan, David Bangun melalui siaran pers yang diterima Antara di Ambon, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu  pada kegiatan Sarasehan dengan Anggota TNI yang berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut dia dari hasil supervisi yang dilakukan pihaknya melihat seluruh fasilitas kesehatan milik TNI telah memberikan pelayanan yang baik terhadap peserta JKN. 


"Tentu terdapat hal yang perlu ditingkatkan. Harapannya, ke depan kita akan terus bersinergi demi meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di fasilitas kesehatan milik TNI, sehingga peserta bisa merasakan pelayanan yang optimal,” ujarnya.

Ia menilai dinamika pergerakan tugas di lingkungan prajurit TNI berdampak terhadap akses layanan kesehatan.

Akses layanan kesehatan di tempat tugas yang baru  dibutuhkan para prajurit TNI untuk tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. 

Untuk itu, David menyebut, bagi para prajurit TNI yang berpindah lokasi penugasan dapat memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk melakukan perpindahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di tempat penugasan yang baru.

Sementara Kepala  Staf Komando Daerah Militer XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Rusmili mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung dan mengawal implementasi Program JKN, salah satunya dengan berkontribusi mendaftarkan seluruh prajurit TNI menjadi peserta JKN. 

Dukungan tersebut diberikan agar bisa menjaga Program JKN terus berkelanjutan dan terus memberi manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Rusmili mengemukakan  kesehatan merupakan salah satu faktor yang penting dalam mendorong produktivitas kerja. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Brand Ambassador BPJS Kesehatan, Ade Rai juga mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya prajurit TNI untuk menerapkan pola hidup sehat.

 Menurutnya, kesehatan bisa didapat dengan merubah perilaku melalui rutin berolahraga dan menjaga pola makan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup yang sehat adalah dengan melakukan gerak dan menjaga waktu istirahat.

Ia memaparkan  olahraga dapat menggunakan tubuh sendiri seperti push up, sit up, pull up hingga plank. Selain itu, yang paling efektif adalah berpuasa. Banyak manfaat yang didapat dengan berpuasa. Harapannya, dengan pola hidup sehat  bisa mendapatkan kesempatan untuk hidup yang lebih lama,” kata Ade Rai.



 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024