Cabang olahraga dayung menambah perolehan medali perak dan perunggu untuk Maluku pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

"Dari lima nomor final yang dilakoni, Maluku mendapat medali masing-masing satu perak dan satu perunggu," kata pendamping dayung Maluku Joses Santos saat dihubungi dari Ambon, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa pada final dayung yang berlangsung di Waduk Keuliling, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh itu medali perak diraih kuartet pedayung Maluku yaitu Arni Silva Pattipeiluhu, Issa Behuku, Popy Hattu, dan Maria Florensia Bahy di nomor rowing Quadruple Scull Putri (W4X) dengan catatan waktu tujuh menit 40 detik.

Kuartet Maluku harus berpuas berada di posisi kedua setelah kalah bersaing dengan wakil Jawa Barat yang meraih emas dengan dengan catatan waktu tujuh menit 39 detik, sedangkan DKI Jakarta meraih perunggu dengan catatan waktu tujuh menit 42 detik.

Joses menjelaskan bahwa persaingan antara kuartet Maluku dan Jawa Barat berlangsung sengit sejak dimulainya perlombaan.

Hal itu dibuktikan dengan catatan waktu kedua tim yang terpaut sangat tipis.

Sedangkan tambahan medali perunggu untuk Maluku dipersembahkan oleh Issa Behuku di nomor Single Sculls Putri (W1X) yang finis di posisi ketiga dengan catatan waktu delapan menit 37 detik.

Medali emas diraih Mutiara Rahma Putri dari Jambi dengan catatan waktu delapan menit 22 detik sedangkan medali perak menjadi milik Nurtang dari Sulawesi Selatan dengan catatan waktu delapan menit 26 detik.

Sementara itu pada kesempatan lain, Ketua Harian KONI Maluku Musatafa Kamal mengemukakan bahwa Maluku menargetkan 10-15 medali emas pada PON kali ini.

Pasalnya pada PON kali ini Maluku mengirimkan 54 atlet yang akan tampil di 13 cabang olahraga, yaitu dayung, karate, selam, kempo, atletik, biliar, kick boxing, muaythai, menembak, tarung derajat, tinju, wushu, taekwondo. Dayung, tinju, dan seni bela diri menjadi andalan Maluku.

Mustafa Kamal mengatakan pemerintah daerah telah menyiapkan bonus bagi para atlet yang berhasil memenangkan medali pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

“Bonus nanti jadi tanggung jawab pemda dan sudah kami komunikasikan dengan penjabat gubernur,” tutur Mustafa Kamal.

Saat ini Maluku baru mengoleksi total dua medali perak dan satu medali perunggu dari muaythai dan dayung.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024