TNI di Maluku membagikan bantuan berupa sembako ke panti asuhan dan pasien rumah sakit sebagai wujud keperdulian kepada masyarakat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 pada 5 Oktober 2024.

"Instansi TNI Trimatra melakukan kegiatan pembagian sembako di Yayasan Advent Peduli Indonesia (YAPI), Panti Asuhan Mutiara di Desa Wayame, Panti Asuhan Melati Al-Khairaat di Desa Batu Merah (Galunggung), Rumah Sakit Suhardjo Lantamal IX/Ambon dan Rumah Sakit Latumeten," kata Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus mewakili Pangdam XV/Pattimura, Rabu.

Tak sendirian, pada kegiatan itu Kasdam juga didampingi Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Suwandi, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, serta Pengurus Dharma Pertiwi Daerah dan beberapa pejabat dari Kodam, Lanud dan Lantamal.

Kasdam juga menjelaskan, kehadirannya bertujuan untuk bersilaturahim dan menebar kasih sayang sebagai bentuk kepedulian dan kedekatan terhadap anak-anak panti asuhan.

“Kami ingin merasakan dan menjadi bagian dari tumbuh kembang anak-anak di panti asuhan ini. Para leluhur kita sudah menanamkan nilai-nilai empati terhadap sesama dari Maluku yang kita kenal dengan istilah potong di kuku rasa di daging, ale rasa beta rasa, yang bermakna persaudaraan satu dengan lainnya," ujar Kasdam.

Dalam satu paket sembako yang dibagikan terisi dengan aneka kebutuhan pokok di antaranya beras, minyak goreng, mi instan, tepung, minuman kemasan, dan amplop berisi uang tunai.

Sementara itu, Pengurus Panti Asuhan Mutiara Wilem Itanilpessy menyampaikan terima kasih dan mengaku bangga dengan para pimpinan yang berkunjung ke panti asuhan.

“Kami sangat senang dan bangga kepada para pimpinan yang hadir, saya ucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang telah diberikan kepada kami. Semoga TNI terus jaya dan semakin mencintai dan dicintai rakyat,” ujarnya.

Selain pembagian sembako dalam menyambut HUT TNI, juga digelar pasar rakyat yang dipusatkan di Lapangan Pattimura Ambon. Bazaar atau pasar rakyat ini digelar selama lima hari hingga 5 Oktober 2024.

Dalam lima hari ada sebanyak 94 tenan UMKM dari Kodam XV/Pattimura, Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura, Dinas Koperasi, Dinas Perindag, dan Dinas Pariwisata Pemprov Maluku dan Kota Ambon.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024