Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) menyalurkan bantuan keuangan kepada partai politik (Parpol) tahun anggaran 2024.

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, di Ambon, Rabu, mengatakan bantuan keuangan itu diberikan kepada 11 partai politik, dengan harapan dapat digunakan sesuai peruntukannya, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kembali secara baik dan transparan.

Ia mengatakan parpol memiliki peran penting dan strategis dalam sebuah negara demokrasi. Peran itu terwujud dalam setiap pengambilan keputusan dan penyusunan sebuah produk aturan yang membutuhkan keterlibatan parpol.

"Disadari sungguh, parpol telah memberi kontribusi dalam sistem perpolitikan nasional dan perkembangan masyarakat yang semakin dinamis. Oleh karena itu, kapasitas, kualitas dan kinerja parpol harus terus ditingkatkan," katanya.

Partai politik, kata Dominggus, juga memiliki sejumlah tugas dan fungsi strategis seperti memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melakukan agregasi politik, kemudian merumuskan aspirasi itu menjadi sebuah kebijakan bersama dengan pemerintah daerah (pemda).

"Parpol juga sebagai sarana partisipasi politik rakyat dan sebagai sarana dalam seleksi untuk mengisi jabatan (politik) yang kosong, sebab mereka memiliki kewenangan untuk hal tersebut," katanya.

Dia berharap pimpinan parpol di kota ini dapat berjalan bersama dalam sebuah relasi harmonis dan sinergi dengan pemimpin terpilih nantinya serta mampu memainkan tugas dan fungsinya secara baik dan bertanggung jawab.

Dominggus juga berharap agar dalam masa kampanye pilkada saat ini tidak melibatkan aparatur sipil negara (ASN) sebab hal tersebut tentunya dapat merugikan banyak pihak, termasuk ASN yang tergiur dengan janji-janji pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon.

"Pada masa kampanye para pasangan calon diminta untuk tidak melibatkan para ASN yang terkadang mudah terlena janji yang disampaikan pasangan calon, para ASN jangan sekali-kali terlibat dalam politik praktis karena resiko ditanggung sendiri, " katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024