Polisi air dan udara (Polairud) Polda Maluku memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir di Ambon terkait pentingnya memelihara kerukunan dan kedamaian menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Kita berharap masyarakat pesisir dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan, serta menghindari konflik yang tidak perlu menjelang pilkada," kata Komandan Kapal XVI-3002 Teluk Ambon Ipda Rainner J. Tannewa, di Ambon, Selasa.

Hal ini disampaikannya saat menyambangi masyarakat pesisir dan nelayan dalam rangka menyampaikan pesan Kamtibmas menjelang perhelatan pilkada. Kegiatan ini dilakukan Satgas Banops Polairud Polda Maluku dalam Operasi Mantap Praja Salawaku 2024.

Masyarakat pesisir yang ditemui, yakni masyarakat Desa Hative Besar dan Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon dan Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan di beberapa lokasi pesisir ini mencakup penyuluhan tentang peran aktif masyarakat dalam menciptakan suasana kondusif.

Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga stabilitas sosial dan keamanan lingkungan demi mewujudkan Pilkada 2024 di Maluku agar berjalan aman dan damai.

Masyarakat juga diingatkan agar tidak mengajak orang lain untuk melakukan aksi-aksi provokatif di jalanan karena hal ini dapat berpotensi merusak situasi kamtibmas menjelang Pilkada serentak 2024.

Setiap warga yang ditemui juga terus diingatkan agar tidak mudah percaya dengan berita yang tidak benar atau hoaks. Apalagi membagikan berita tersebut ke orang lain ataupun melalui media sosial.

"Kami ingatkan agar tidak membagikan berita hoaks, dan selalu mengecek kebenaran berita yang beredar di media sosial, sehingga situasi kamtibmas tetap terjaga dan proses pilkada dapat berjalan dengan aman dan damai," ujarnya.

Selain itu, Polairud juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengawasi proses pemilihan dan melaporkan segala bentuk pelanggaran atau ketidakberesan yang ditemukan.

“Peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan adalah kunci. Dengan bekerja sama, kita bisa menciptakan suasana yang damai,” ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan edukasi ini tidak hanya terbatas pada penyuluhan, tetapi juga mencakup diskusi interaktif yang memungkinkan warga untuk berbagi pendapat dan pengalaman terkait keamanan dan kerukunan.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat pesisir dapat lebih siap dan paham dalam menghadapi tantangan selama pilkada.

Polairud Polda Maluku berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban, serta memastikan proses demokrasi dapat berjalan dengan baik tanpa gangguan.

"Kegiatan ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap warga negara dapat mengekspresikan hak suaranya dengan aman dan damai," ujarnya.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024