Ambon (Antara Maluku) - Grup Lippo segera memperluas jaringan fasilitas kesehatan berstandar internasional dengan membangun rumah sakit Siloam di Ambon, ibu kota Provinsi Maluku.

Public Relation Grup Lippo, Andy Manuhuttu, di Ambon, Selasa, mengatakan, pembangunan rumah sakit berstandar internasional itu akan diawali pemancangan tiang pertama dijadwalkan pada akhir April atau awal Mei 2014.

Rumah sakit yang berlokasi di pantai Desa Hatiwe Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon itu dijadwalkan rampung pembangunannya pada Februari atau Maret 2015.

"Jadinya lokasinya adalah kawasan pantai yang dangkal dan direklamasi sehingga memiliki lahan seluas 9.750 meter persegi," ujarnya.

Andy yang didampingi pihak pengelola bangunan yakni Purnama Nugraha, Pri Hardiwanto, Ivan shofyan dan Ilham Dasa Maulana mengemukakan, tahap awal gedungnya dibangun enam lantai dengan kapasitas 600 kamar.

"Rumah sakit itu didesain ramah lingkungan dengan rencana bangunan diprogramkan delapan lantai," katanya.

Andy memastikan, pembangunan rumah sakit itu telah mendapatkan izin dari Pemkot Ambon dengan dikeluarkannya surat izin mendirikan bangunan (IMB) yang pembayaran retribusinya telah dilunasi.

Begitu pun kewajiban menyelesaikan dokumen Upaya Pengelolaan lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).

Kontraktor pelaksana yakni PT. Karya Unggulan Gemilang pun telah melakukan pengujian geologi karena mempertimbangkan Pulau Ambon termasuk daerah rawan gempa dan ternyata tekstur tanahnya menjamin untuk bangunan rumah sakit tersebut.

Lokasinya juga telah didesain untuk mengantisipasi ancaman banjir maupun terpaan gelombang tinggi saat angin kencang.

"Pastinya didesain kawasan yang ramah lingkungan dengan mendukung program Pemkot Ambon yakni Water Front City (WFC) dengan tujuan pemberdayaan kawasan Teluk Ambon yang didukung Kementerian Kelautan dan Perikanan(KKP)," ujar Andy.

Manajemen Grup Lippo juga memprogramkan mendukung pengembangan pariwisata dengan mendesain kawasan pantai Desa Hatiwe Kecil dan Galala, termasuk sungai Way Ruhu sebagai daerah tujuan wisata menarik.

Apalagi, lokasi rumah sakit Siloam nanti hanya beberapa meter dari bangunan Jembatan Merah Putih yang melintasi Teluk Dalam Ambon.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014