Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) meraih juara umum Percepatan Penurunan Stunting dan Program Bangga Kencana tingkat provinsi.

Kepala Dinas DPPKB Kota Ambon Wehelmina Patty mengatakan capaian tersebut diraih berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh tim penilai dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

"Piagam penghargaan atas prestasi tersebut, kata dia, diberikan langsung oleh Kepala Pusat Penelitian dan pengembangan kependudukan BKKBN-RI Indra Murty Surbakti," katanya di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan terdapat lima pencapaian yang berhasil dilaksanakan dengan baik oleh DPPKB Ambon, OPD, dan pemangku kepentingan terkait, sehingga proses penilaian yang dilakukan dapat berjalan tanpa adanya kendala.

Capaian juara umum berdasarkan penilaian pencapaian terbaik untuk beberapa kegiatan antara lain terbaik pertama total pencapaian momentum Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2024, terbaik pertama pencapaian Pekan Kontrasepsi Sedunia Tahun 2024, pencapaian Pekan Pelayanan 1.000 Akseptor Pasca-persalinan, Pasca-Melahirkan dalam rangka Hari Kependudukan Sedunia.

Selanjutnya, kata dia, terbaik pertama, total pencapaian Program Bangga Kencana, Fasilitas Kesehatan (Faskes) dengan pencapaian terbanyak, dan yang terakhir terbaik kedua pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dalam rangka Hari Kependudukan Sedunia tahun 2024.

Ia menyatakan pencapaian ini berkat kerja keras Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Kota ambon, sehingga semua pelayanan dapat berjalan dengan baik.

Penghargaan yang diterima, kata dia, akan memacu seluruh jajaran DPPKB Kota Ambon dalam peningkatan pelayanan bersama OPD dan pemangku kepentingan terkait.

"Kami bersyukur dapat mengangkat nama Kota Ambon. Oleh karena itu Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau yang kita kenal dengan Bangga Kencana ini harus digerakkan di semua lini, agar masyarakat dapat menikmati pelayanan yang diberikan," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024