Polda Maluku Utara  memastikan  pendistribusian  surat suara pilkada 2024  terutama di daerah Kabupaten Pulau Taliabu yang merupakan daerah paling terluar aman

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Bambang Suharyono di Ternate, Rabu, menjelaskan bahwa pengawalan dan pengamanan merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan dan kelancaran proses Pilkada.

"Kami memastikan bahwa surat suara sampai dengan aman dan tepat waktu ke lokasi tujuan. Pengamanan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama proses distribusi," ujarnya saat pengamanan dilakukan dari Gudang Ekspedisi  di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, pada Rabu (16/10).

Dirinya menyatakan, Polda Malut berkomitmen  mendukung pelaksanaan Pilkada yang transparan dan demokratis, serta menjaga ketertiban masyarakat selama proses pemungutan suara.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada secara bijak dan menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

Dirinya menyatakan, personel Polda Malut terlibat dalam Operasi Mantap Praja Kieraha 2024 Polda Malut melaksanakan pengamanan distribusi surat suara ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh kabupaten/kota di Malut.

Dirinya mengungkapkan bahwa setelah tiba di Bandara Baabullah, surat suara segera dibawa ke Ekspedisi di Kelurahan Mangga Dua, Kota Ternate. 

Menurut dia, surat suara tersebut tiba di Bandara Baabullah, Ternate, kemudian didistribusikan ke berbagai kabupaten dan kota di wilayah Maluku Utara pada hari yang sama. 

Adapun kabupaten yang surat suaranya didistribusikan adalah Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Kabupaten Pulau Morotai.

Untuk Kabupaten Kepulauan Sula, distribusi dilakukan pada Jumat, 11 Oktober 2024. Sementara itu, distribusi untuk Kabupaten Pulau Taliabu dijadwalkan pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Kemudian, untuk Kota Tidore dan Kabupaten Halmahera Timur, surat suara tiba di Ternate pada 24 Oktober 2024.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024