Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku Utara (Malut) menyebut untuk pelaksanaan seleksi calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 hanya diberikan sebanyak 107 kuota, sementara yang lolos berkas administrasinya sebanyak 4.774.

"Kurang lebih 15 ribu orang mendaftar, tetapi yang lolos berkas administrasi hanya 4.774 dan hari ini mereka mengikuti pelaksanaan tes seleksi CASN untuk di wilayah Malut," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Malut, Andi Taletting Langi usai memantau secara langsung pelaksanaan tes CASN di aula hotel Sahid Bella di Ternate, Sabtu.

Dia mengatakan dari jumlah 4.774 peserta yang lolos berkas administrasi itu kemudian mereka mengikuti pelaksanaan tes seleksi CASN untuk merebut kuota 107 yang dibuka untuk tahun ini dibagi menjadi 11 sesi dan dilaksanakan selama tiga hari.

"Jumlah itu kemudian dibagikan menjadi 11 sesi dan setiap sesi diisi peserta sebanyak 430 orang untuk mengikuti tes tersebut," kata Kakanwil Kemenkumham Malut.

Dia menjelaskan, pelaksanaan tes seleksi CASN berlangsung selama tiga hari ke depan dan semuanya dilakukan secara transparan dan tidak ada yang ditutupi.

"Contohnya, setiap peserta yang datang untuk mengikuti tes mereka diperiksa secara ketat, sebelum masuk ke dalam ruangan, dan bisa dibawa masuk ke ruangan hanya alat tulis, itu pun sudah siapkan oleh panitia serta di awasi secara langsung dari tim Badan Kepegawaian Negara (BKN)," ujarnya.

Hasilnya langsung keluar melalui monitor layar yang telah disiapkan. dari panitia, jika setiap peserta telah menyelesaikan seluruh soal yang diisi sesuai waktu yang ditentukan.

"Kami berharap para peserta yang nantinya lolos tes seleksi dan menjadi pegawai di Kemenkumham benar-benar punya pribadi memiliki integritas, sehingga bisa menjaga nama baik lembaga," katanya menambahkan.*

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024