Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon Provinsi Maluku, menerima surat suara Pilkada 2024 sebanyak 256.699 lembar.

"Logistik pilkada yang telah diterima KPU kota Ambon tahap pertama diantaranya, kotak suara, bilik suara, kabel ties, segel , tinta dan sampul," kata Ketua KPU Kota Ambon, Kaharuddin Mahmud, di Ambon, Minggu.

Logistik tahap kedua yang telah diterima yaitu surat suara sebanyak 256.699 lembar, alat bantu tuna netra, daftar pasangan calon, kemudian formulir c plano hasil dan formulir c salinan.

"Sementara logistik yang belum masuk yakni formulir pindah memilih, dan perlengkapan di tempat pemungutan suara (tps) lainnya. Saat ini logistik pilkada tersebut disimpan di gudang kpu, " katanya

Ia mengatakan, surat suara yang diterima yakni untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Untuk surat suara Pilgub sebanyak 256.699 lembar atau 129 koli, sedangkan surat suara Pilwakot sebanyak 258.699 lembar atau 130 koli, yang terdiri dari surat suara sesuai dpt 250.194 lembar ditambah 2,5 persen per tps.

Ditambah surat suara untuk pemungutan suara ulang (psu) sebanyak 2.000 lembar, sehingga jumlah surat suara sebanyak 258.699 lembar, dan Daftar pasangan calon sebanyak 514 lembar atau tiga koli.

Kaharuddin menyatakan, jumlah surat suara yang diterima sesuai dengan jumlah kebutuhan, tetapi belum dapat memastikan apakah surat suara yang sudah diterima dapat dipakai semua atau tidak.

"Nanti setelah dilakukan sortir dan lipat baru ketahuan yang rusak berapa," ujarnya.

Ia menjelaskan, suara suara yang telah diterima dijaga tim keamanan selama 24 jam. Pengamanan surat suara akan dilakukan hingga proses distribusi ke tempat pemungutan suara.

Setelah ini katanya, akan dilakukan proses sortir-lipat susur dan pengemasan logistik, sesuai rencana akan dilaksanakan pekan depan.

Tenaga sortir tersebut akan memanfaatkan warga yang sebelumnya menjadi tenaga sortir-lipat saat Pemilu 2024.

"Kami juga akan merekrut tenaga sortir-lipat dari masyarakat umum, akan tetapi jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan tenaga sortir-lipat untuk logistik Pemilu 2024," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024